Kamis, 18 Januari 2018 13:24 WITA

Ini Ketum Hanura Versi Kubu Sudding

Editor: Aswad Syam
Ini Ketum Hanura Versi Kubu Sudding
Daryatmo (tengah), usai dikukuhkan sebagai Ketua Umum Hanura versi kubu Syarifuddin Sudding

RAKYATKU.COM, JAKARTA - DPP Partai Hanura kubu Sarifuddin Sudding, sudah menetapkan Ketua Umum baru. Dia adalah Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo. 

Daryatmo adalah seorang purnawirawan TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara TNI tahun 1978. Ia pernah menjabat Kepala Badan SAR Nasional, sebelum kemudian dilantik sebagai Kasum TNI, sebelum pensiun dia menjadi Pati Mabes TNI. 

"Munaslub Hanura 2018 mengusulkan dan menetapkan Pak Daryatmo sebagai ketua umum dan memberhentikan saudara Oesman Sapta Odang," ucap Pimpinan Munaslub Rufinus Hutahuruk dalam Munaslub di DPP Hanura, di Jalan Raya Hankam, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/1).

"Setujuu....!!!!" sahut peserta Munaslub lainnya. Mereka terdiri dari DPP, 24 DPD tingkat provinsi dan 401 DPD tingkat kabupaten kota.

Selanjutnya, kata Rufinus, mereka akan menentukan formatur yang akan melanjutkan proses kepemimpinan di DPP Hanura. 

Pengukuhan Daryatmo ini membuat Hanura benar-benar terbelah, kubu Daryatmo dan kubu OSO. Perpecahan ini bermula dari sikap mayoritas pengurus Hanura yang menggulirkan mosi tidak percaya dan melengserkan Ketua Umum Oesman Sapta (OSO). OSO dilengserkan karena dianggap melanggar aturan organisasi. 

OSO merespons pemberhentian itu dengan memberhentikan Sudding sebagai Sekjen dan mengangkat keluarga besan Jokowi, Harry Lontung Siregar sebagai pengganti.