Kamis, 18 Januari 2018 06:00 WITA

Seks Bebas di Kalangan Siswa SMA Menurun, Ternyata Ini Penyebabnya

Editor: Abu Asyraf
Seks Bebas di Kalangan Siswa SMA Menurun, Ternyata Ini Penyebabnya

RAKYATKU.COM - Ada fakta yang menggembirakan. Perilaku seks bebas di kalangan siswa SMA di Amerika Serikat menurun. Apa yang terjadi?

Data federal menyebutkan, laporan tersebut berdasarkan survei pelajar SMA yang dikabarkan secara nasional dan dipublikasikan oleh para periset di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), menemukan bahwa jumlah siswa yang pernah melakukan hubungan seksual menurun dari 47 persen menjadi 41 persen di 2015.

Penurunan kelahiran di kalangan siswa SMA ini kemungkinan merupakan faktor pendukung tren baru-baru ini. Tingkat kelahiran remaja mencapai rekor rendah pada 2017, dan kehamilan remaja menurun secara konsisten.

Menurut CDC, penurunan pada anak muda yang berhubungan seks adalah perubahan positif bagi kesehatan masyarakat. Berhubungan seks pada usia dini dikaitkan dengan memiliki lebih banyak pasangan seksual secara keseluruhan, tidak menggunakan kondom, kehamilan remaja dan memiliki infeksi menular seksual di usia muda.

Salah satu alasan penurunan adalah bahwa lebih sedikit siswa yang lebih muda, mereka yang berada pada kelas 9 dan 10, dilaporkan melakukan hubungan seks.

Para peneliti tidak melihat adanya penurunan aktivitas seksual untuk siswa kelas 11 dan 12. Lebih sedikit siswa kulit hitam di semua kelas mengatakan bahwa mereka berhubungan seks, dan sedikit siswa Hispanik (keturunan Spanyol) di tiga kelas mengatakan hal yang sama. Ini mewakili perubahan positif di antara kelompok siswa yang telah ditentukan dalam penelitian, yang sebelumnya berisiko lebih tinggi terhadap hasil negatif yang terkait dengan seksual dini.

Meskipun penelitian ini tidak melihat alasan potensial mengapa lebih sedikit remaja melakukan hubungan seks, para periset mencatat bahwa banyak perubahan di negeri Paman Sam ini dari 2005 sampai 2015, termasuk perkembangan teknologi dan media sosial serta persyaratan dan pendanaan untuk pendidikan.

Dalam mencegah kehamilan remaja dan penyakit menular seksual. Data federal lainnya menunjukkan bahwa kebanyakan remaja sekarang menggunakan kontrasepsi saat mereka berhubungan seks.

Berita Terkait