Rabu, 17 Januari 2018 18:26 WITA

Pohon Pinus Tumbang Nyaris Timpa PKL di Bone

Editor: Almaliki
Pohon Pinus Tumbang Nyaris Timpa PKL di Bone

RAKYATKU.COM, BONE - Angin kencang disertai hujan gerimis mengakibatkan sebatang pohon pinus tumbang dan menimpa sejumlah gerobak Pedagang Kaki Lima (PKL) di jalan Arif Rahman Hakim Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Rabu (17/1/2018).

Menurut keterangan dari salah seorang PKL, Kartini (41), kejadiannya terjadi sekitar pukul 15.00 WITA. Pada saat itu angin bertiup kencang disertai sedikit gerimis.

"Saat itu saya sedang melayani pembeli, namun terdengar suara retakan pohon dari seberang jalan, saat melihat pohon akan tumbang kami berlarian meninggalkan gerobak," kata Kartini saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Dari hasil pantauan, pohon pinus milik salah satu pemilik toko terbesar di Bone yakni Toko 99, tumbang langsung retak dari batang pohon, dan diduga pinus tersebut sudah sangat tua karena panjangnya mencapai sekitar 30 meter.

Pohon tersebut berada di pekarangan rumah pemilik toko 99, yang tumbang dan membentang di atas jalan, untungnya pohon tersebut tertahan oleh pagar rumahnya dan ranting-ranting pohon sebelahnya.

Camat Tanete Riattang Barat, Andi Arman Bobby, yang ditemui di lokasi kejadian mengimbau kepada para PKL agar tetap waspada atas kejadian ini. Pasalnya, masih ada beberapa pohon pinus yang juga diduga sudah sangat tua dan sewaktu waktu bisa tumbang.

"Kami akan berkoordinasi sama pemilik pohon tersebut untuk bisa ditebang sebelum tumbang dan menimbulkan korban jiwa. Dan kepada para PKL, tetap waspada! Karena cuaca akhir-akhir ini memang sedikit buruk," tukas Bobby.

Pohon tersebut saat ini sudah dievakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone, yang dibantu oleh Badan Lingkungan Hidup daerah (BLHD) Bone.