Rabu, 17 Januari 2018 18:18 WITA

Timur Laut Donggala Diguncang Gempa Bumi Tektonik

Editor: Almaliki
Timur Laut Donggala Diguncang Gempa Bumi Tektonik

RAKYATKU.COM, PALU – Wilayah timur laut Donggala, Sulawesi Tengah, diguncang gempa bumi tektonik pada Rabu (17/1/2018) sekisar pukul 11.25 WITA.

“Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan bahwa pusat gempa berada di darat 31 km Timur Laut Donggala berkekuatan (magnitude) 4,1 Skala Richter,”ungkap Kepala Station Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili.

Menurutnya, lokasi pusat gempa terletak pada koordinat 0.43 LS-119.88 BT kedalaman 10 km. Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas Sesar Tambu.

Ia mengatakan, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara III-IV MMI di Tibo, Kabupaten Donggala, Alindau, Donggala, dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi. Adapun jarak titik gempa dari Palu, Ibu kota Sulawesi Tengah, adalah 52,4 km. 

Namun, terkait dengan peristiwa tersebut, warga di sekitar lokasi sumber gempa bumi diimbau tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.