Rabu, 17 Januari 2018 08:52 WITA

KPK Ikut Tetapkan Tukin, Ini Kata Kepala Inspektorat

Editor: Aswad Syam
KPK Ikut Tetapkan Tukin, Ini Kata Kepala Inspektorat
Kepala Inspektorat Pemprov Sulsel, Lutfi Natsir

RAKYATKU.COM, MAKASSAR  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut terlibat dalam penetapan Tunjangan Kinerja (Tukin) kepada pejabat lingkup Pemprov Sulsel. 

Kepala Inspektorat Sulsel Lutfi Natsir mengatakan, keterlibatan KPK dalam pemberian Tukin kepada pejabat lingkup Pemprov Sulsel, merupakan tugas dan fungsi KPK untuk mencegah terjadinya korupsi. 

"Tugas KPK berdasarkan UU memantau pelaksanaan pemerintahan, jadi itu memang tugasnya  KPK untuk melakukan koordinasi, supervisi, pencegahan, tidak hanya sebagai pengawasan tapi juga pencegahan," ujar Lutfi Natsir. 

Setelah nantinya dilakukan pencegahan tapi masih ada tindakan pejabat di luar kendali,  maka KPK akan mengambil langkah tegas dengan melakukan penindakan. 

"Jadi ini langkah awal KPK dalam melakukan pencegahan korupsi. Kita juga di Pemprov Sulsel melibatkan KPK sebagai bentuk untuk komitmen kita dalam melawan korupsi," katanya. 

Menurutnya, untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, salah atau yang harus ditingkatkan adalah kesejahteraan pegawai atau harus diperhatikan pendapatannya. 

"Dengan pemberian Tukin, maka kita melakukan langkah pencegahan supaya pegawai tidak melakukan korupsi," tutupnya. 

Seperti diketahui, Pemprov Sulsel telah menghapus pakasi kemudian digantikan dengan Tukin. Saat ini Pergub yang mengatur tentang Tukin, masih direvisi KPK sehingga pemberian Tukin masih tertahan di awal tahun. Nanti setelah KPK selesai merevisi Pergub tersebut, barulah Tukin bisa dicairkan.