Selasa, 16 Januari 2018 23:52 WITA

Kemenag Telusuri Jejak Ulama di Pangkep

Editor: Fathul Khair Akmal
Kemenag Telusuri Jejak Ulama di Pangkep
Kepala Kemenag Pangkep, Jamaruddin

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Salah satu rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Pangkep ke-58 tahun, pada 8 Februari 2018 mendatang, dijadikan sebagai salah satu momentum menelusuri jejak ulama di Pangkep.

Kepala Kemenag Pangkep, Jamaruddin, mengatakan bahwa salah satu rangkaian kegiatan dalam HUT nanti adalah penelusuran jejak peradaban pesantren dan ulama melalui seminar nasional, yang akan dimotori oleh Akademisi Unhas, Prof Basyir Syam.

"Beliau ingin mengupas dan memberikan bukti pada publik bahwa Pangkep pernah menjadi kota Ulama. Pangkep pernah menjadi kota agama. Di Pangkep ada pulau Salemo yang pernah disebut sebagai tempat KH Ambo Dalle belajar," ujar Jamaruddin.

Disampaikan Jamaruddin, kegiatan tersebut bertujuan menelusuri jejak ulama yang pernah ada di Pangkep. Sehingga ada bukti otentik yang dapat dijadikan rujukan pihak yang membutuhkan. Bahkan bisa jadi Dinas Kebudayaan untuk menuliskannya menjadi bukti sejarah tertulis tentang Pangkep.

"Bahkan disampaikan Prof Basir, pendiri DDI, AG KH Abd Rahman Ambo Dalle pernah mengaji di Pulau Salemo. Mudah-mudahan ini bisa ditangkap dinas atau pihak-pihak berkepentingan di Pangkep untuk menuliskan," ungkapnya.