Rabu, 17 Januari 2018 02:30 WITA

Pasangan Suami Istri Ditangkap Karena Rantai 13 Anaknya

Editor: Fathul Khair Akmal
Pasangan Suami Istri Ditangkap Karena Rantai 13 Anaknya
David Allen dan Louise Ann ditangkap setelah anak-anaknya ditemukan terbelenggu dan kekurangan gizi. REUTERS

RAKYATKU.COM - Sepasang suami istri, David Allen dan Louise Ann ditangkap polisi setelah 13 anaknya ditemukan dalam keadaan kurang gizi dan dirantai di sebuah rumah di Perris, California, Amerika Serikat atau AS pada Senin waktu setempat.

Kejahatan ini berhasil terbongkar setelah salah seorang anak, remaja putri berusia 17 tahun, berhasil melarikan diri dari rumah yang yang terletak sekitar 113 kilometer sebelah timur kota Los Angeles, pada Ahad lalu.

Los Angeles Times melaporkan remaja perempuan itu menelepon nomor darurat 911 menggunakan telepon genggam yang ditemukannya di dalam rumah.

Ketika mendatangi rumah itu, polisi sempat mengira sang remaja putri adalah anak berusia 10 tahun karena kurang gizi membuatnya terlihat sangat kurus.

"Para deputi mencari apa yang mereka yakini sebagai 12 anak di dalam rumah. Namun polisi terkejut saat mendapati tujuh anak di antaranya sebenarnya sudah dewasa," demikian pernyataan dari Kantor Sheriff Riverside County dikutip dari Tempo, Selasa (16/1/2018).

"Para korban terlihat sangat kekurangan gizi dan sangat kotor.” Sebanyak 13 orang yang ditemukan memiliki usia beragam, dari 2 tahun hingga 29 tahun.

Polisi menyebut enam anak masih di bawah umur, sedangkan tujuh lainnya sudah berusia di atas 18 tahun. Mereka mengaku sangat kelaparan, sehingga langsung diberi makan dan minuman oleh polisi yang menyelamatkan mereka.

Orang tua dari 13 orang itu diidentifikasi sebagai David Allen Turpin, 57 tahun dan Louise Anna Turpin (49). Keduanya ditangkap dan dijerat masing-masing 9 dakwaan penyiksaan dan 10 dakwaan membahayakan anak-anak. Mereka ditahan dengan jaminan ditetapkan masing-masing US$ 9 juta.

Saat ditanya polisi, keduanya tidak mampu memberikan penjelasan yang logis terkait kondisi 13 anak-anak mereka itu.

"Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan beberapa anak dibelenggu ke ranjang dengan rantai dan gembok dalam suasana gelap dan bau tak sedap, tapi orang tua mereka tidak mampu memberikan alasan logis soal mengapa anak-anak mereka diperlakukan demikian," ungkap Kantor Sheriff Riverside County.

Para tetangga sekitar menyebut pasangan itu sangat tertutup dan tidak pernah berinteraksi dengan sekitarnya.

“Kontak satu-satunya dengan keluarga Turpin terjadi pada Oktober lalu. Empat anak mereka sedang memasang sesuatu di halaman sambil dimonitor sang ibu. Ketika saya mengucapkan salam, sang ibu tidak membalas,” kata Wendy Martinez, seorang tetangga keluarga Turpin.

Pasangan Turpin akan mulai disidangkan pada Kamis mendatang di pengadilan AS.