Selasa, 16 Januari 2018 18:14 WITA

BNN: Lima Kandidat Pilkada di Sulsel Urinenya Mengandung Benzo

Editor: Almaliki
BNN: Lima Kandidat Pilkada di Sulsel Urinenya Mengandung Benzo
Jamal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel, Jamaluddin mengungkap sebuah fakta menarik terkait hasil pemeriksaan kesehatan kontestan Pilkada Serentak 2018.

Menurut Jamal, pihak BNN Sulsel sempat mengirim hasil pemeriksaan urine lima kandidat untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di BNN pusat di Jakarta.

"Ada lima orang dari lima daerah yang urinenya sempat dikirim ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan," tuturnya saat ditemui usai penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan kontestan Pilkada Serentak 2018 ke KPUD Sulsel di Graha IDI, Jalan Topaz Raya Makassar, Selasa (16/1/2018) sore.

Menurut Jamal, urine kelima kandidat tersebut terindikasi mengandung zat Benzo yang merupakan bagian dari obat-obatan. 

"Alat kita itu mendeteksi 6 jenis kandungan urine, misalnya morphin, sabu-sabu, extacy, ganja, dan benzo. Semua kandidat yang dikirim hasil urinenya itu mengandung benzo. Benzo ini obat-obatan, misalnya walaupun seseorang meminum obat batuk itu bisa saja terdeteksi," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Jamal, pihak BNN Sulsel mengirim hasil urine kelima kandidat tersebut hanya untuk mencari tahu jenis obat apa yang diminumnya. "Karena memang berdasarkan surat edaran yang ada, kalau ada yang terindikasi obat-obatan atau apa, kita harus mengirim ke Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan," tandasnya.

Namun, menurut Jamal, saat ini berkas hasil tes urine kelima kandidat tersebut saat ini sudah ada dan juga telah diserahkan ke pihak KPU.

"Semua hasilnya sekarang ada di kita, dan telah diserahkan ke KPU baik yang pemeriksaan lanjutan di Jakarta. Tapi yang berhak umumkan hasilnya secara umum itu KPU, tapi tidak ada indikasi bahwa hasilnya mereka positif," pungkasnya.