Selasa, 16 Januari 2018 13:29 WITA

Bunuh Diri Minum Racun Serangga, Sang Ibu Kritis, Tiga Anaknya Tewas

Editor: Adil Patawai Anar
Bunuh Diri Minum Racun Serangga, Sang Ibu Kritis, Tiga Anaknya Tewas
Evy Suliastin Agustin dan ketiga anaknya.

RAKYATKU.COM - Polisi mengamankan F (55), suami Evy Suliastin Agustin (26), yang diduga bunuh diri mengajak 3 anaknya minum obat nyamuk cair, di Jombang. Saat ini F diperiksa di Mapolsek Mojoagung.

"Saat ini suami korban kami amankan," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, Selasa (16/1/2018).

Dia menuturkan, F merupakan pimpinan salah satu pondok pesantren di Kota Surabaya. Namun, F tinggal di Desa Mancilan, Mojoagung, Jombang.

Sementara Evy merupakan istri ke dua dari F. Dari keterangan tetangga korban, F dan Evy menikah secara siri. Keduanya dianugerahi tiga anak.

"Sebelumnya Ibu Evy tinggal serumah dengan suaminya di Surabaya, tiga tahun terakhir pisah, Ibu Evy tinggal di Mojoagung, di rumah ibunya," ujarnya dilansir detik.com.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi menambahkan, F sejak semalam sampai saat ini menjalani pemeriksaan di Mapolsek Mojoagung. Selain itu, petugas juga memintai keterangan adik kandung Evy, Nurus Sobihkah (20) dan santri dari F Sholikul Hadi Soleh (25).

Nurus dan Hadi merupakan orang pertama yang menemukan Evy dan ketiga anaknya. Hadi datang ke rumah korban lantaran diperintah oleh F membelikan makanan untuk Evy.

Hanya saja saat disinggung proses korban menenggak obat nyamuk cair bersama 3 anaknya, Gatot mengaku belum bisa memberi keterangan.

"Kami belum dapat konfirmasi itu semua. Kami masih menunggu korban (Evy) yang sampai saat ini belum bisa dimintai keterangan," terangnya.

Selain itu, tambah Gatot, pihaknya juga menunggu autopsi terhadap jenazah 3 anak Evy yang akan dilakukan di RSUD Jombang. Proses autopsi menunggu kedatangan tim dokter forensik dari RS Bhayangkara, Kediri. Autopsi ini untuk memastikan penyebab kematian ketiga bocah tersebut.

"Rencana awal kami pakai dokter forensi dari RSUD Dr Soetomo. Namun, volume di sana tinggi, daripada nunggu kami cari alternatif Kediri," tandasnya.

Evy ditemukan dalam kondisi kritis di kamar mandi rumahnya, Dusun Karobelah 3, Desa Karobelah, Mojoagung, Jombang, Senin (15/1) sekitar pukul 22.00 WIB. Di kamar mandi tersebut, 3 anak Evy ditemuakan dalam kondisi tak bernyawa.

Ketiga anak korban adalah Sayid Mohammad Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziyah (4 bulan). Evy masih menjalani perawatan di RSUD Jombang.

Diduga para korban keracunan usai menenggak obat nyamuk cair. Pasalnya, di dekat tubuh korban ditemukan obat nyamuk cair kemasan 600 ml dalam kondisi tutup terbuka. Isi racun serangga ini tinggal dua per tiga.