Minggu, 14 Januari 2018 23:40 WITA

Kisah Gadis 11 Tahun Dirantai Orangtua karena Tak Mau Mengemis

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kisah Gadis 11 Tahun Dirantai Orangtua karena Tak Mau Mengemis

RAKYATKU.COM - Bocah perempuan berinisial ZR yang baru berusia 11 tahun, menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh kedua orang tuanya sendiri.

Kaki ZR, warga Kecamatan Padang Utara, Sumatera Barat, itu dirantai oleh ayah tiri dan ibu kandungnya sendiri, akibat menolak menjadi pengemis. Beruntung, ZR berhasil melarikan diri hingga ia sampai ke rumah salah seorang anggota polisi.

"Anak ini cerdas, dia berhasil melarikan diri dari rumah dan menuju rumah salah seorang petugas di Padang Barat, kemudian baru diantarkan ke Polresta Padang," ujar Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Daeng Rahman.

Daeng menjelaskan, anak tersebut disuruh oleh orang tuanya mengemis, karena menolak makanya dia lari dari rumah.

Ia menjelaskan, untuk sementara anak tersebut dititipkan di unit PPA Satreskrim Polresta Padang dan akan dilakukan penyelidikan terhadap orang tua.

“Kalau terbukti bersalah, pelaku akan dikenakan dengan sangsi hukuman penjara minimal 5 tahun sesuai dengan Undang Undang No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak," kata Daeng dilansir Suara, Minggu (14/1/2018).

Moriz, ayah kandung ZR, mengakui sama sekali tak mengetahui kekerasan yang  menimpa ZR. Sebab, ia mengakui sudah sepekan terakhir pergi melaut.

Selain itu kata Moris, dia dan ibu Zahra telah lama bercerai dan keduanya sudah memiliki pasangan baru.

"Saya tidak mengetahui hal tersebut dan sudah seminggu saya tidak bertemu dengan Zahra," ungkap Moriz.