Minggu, 14 Januari 2018 21:36 WITA

Besok, Menteri BUMN dan Dirut PLN Kunjungi PLTB Sidrap

Editor: Aswad Syam
Besok, Menteri BUMN dan Dirut PLN Kunjungi PLTB Sidrap
PLTB Sidrap

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Minera (ESDM), Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke PLTB Sidrap, besok giliran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno dan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir.

Keduanya dijadwalkan datang ke lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Dusun Pabberesseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Senin (15/1/2018).

Manajemen PT UPC Sidrap Bayu Energi mengonfirmasikan, Menteri Rini Soemarno dan Dirut PLN Sofyan Basir dijadwalkan tiba di lokasi PLTB terbesar kedua di Asia Tenggara ini sekira pukul 8.00 Wita pagi. 

Belum ada rundown secara jelas mengenai agenda kunjungan kedua petinggi negara ini di lokasi PLTB yang menelan anggaran sebesar Rp1,9 triliun tersebut. Namun, kepastian kedatangannya sudah dikonfirmasikan pihak PT UPC Sidrap Bayu Energi, Minggu malam (14/1/2018) via Whatsapp (WA) ke sejumlah wartawan di daerah ini. 

Sebagaimana diketahui, PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga angin kapasitas 75 MW. Pembangkit ramah lingkungan ini terdiri dari 30 turbin kincir angin yang masing-masing berkapasitas 2,5 MW. Model turbin yang digunakan dari Gamesa Iolica Corporation pada menara baja setinggi 80 meter dengan panjang baling-baling 57 meter.

Proyek dengan investasi sekitar USD150 juta ini ditargetkan beroperasi secara komersial pada awal 2018. Proyek ini dioperasikan oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi.

Dengan beroperasi PLTB ini akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari sedikit negara di Asia yang mempunyai pembangkit  bertenaga angin. Di antaranya Jepang, China, dan Korea.