Minggu, 14 Januari 2018 18:06 WITA

Eks Mentan Terkena Serangan Jantung Saat ke Puncak Cartensz

Editor: Aswad Syam
Eks Mentan Terkena Serangan Jantung Saat ke Puncak Cartensz
Anton Apriantono (tengah) bersama Adyaksa Dault (depan), saat mendaki Mount Blanc di Swiss.

RAKYATKU.COM, MIMIKA - Saat sedang menuju Puncak Cartenz, di Papua, Sabtu (13/1), tiba-tiba dada Anton Apriantono sesak. Mantan Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, itu pun dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mimika.

Anton diduga terkena serangan jantung, saat mendaki salah satu puncak gunung tertinggi di dunia itu. Itu dibenarkan Direktur RSUD Mimika Dr Evelyn Pasaribu di Timika, Minggu, (14/1/2018). "Memang benar, kemarin sekitar pukul 11.00 WIT, Pak Anton dirujuk oleh Klinik ISOS ke RSUD Mimika melalui Instalasi Gawat Darurat. Setelah diberikan perawatan, sekitar pukul 13.00 WIT beliau pulang ke tempat penginapannya," katanya seperti dilansir Antara.

Anton Apriantono mendatangi IGD RSUD Mimika pada Sabtu siang. Menurut Humas RSUD Mimika Lucky Mahakena, Anton datang bersama beberapa anggota tim ekspedisi yang hendak mendaki Puncak Cartensz.

Anton yang memang dikenal sebagai pendaki, bersama tim rencananya hendak menuju Puncak Cartensz. Namun sampai di lokasi, dia mengalami sesak napas sehingga segera dievakuasi ke Klinik AEA Bace Camp menggunakan Helikopter Bell PK IWU yang dipiloti Capten Dany. Namun karena di sana tidak ada dokter spesialis jantung, Anton pun dibawa ke IGD RSUD Mimika.

Setiba di IGD RSUD Mimika, tim dokter langsung memberikan perawatan dengan memasang selang oksigen pada hidung Anton Apriantono. Setelah merasa sudah sehat, Anton pun kembali ke tempat penginapannya di Hotel Emeral/Hotel Noken Timika.

Puncak Cartenz sendiri memiliki ketinggian 4.884 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung Cartenz adalah gunung tertinggi di wilayah Oceania dan Benua Australia. Dalam wilayah Asia, Gunung Cartenz berada di posisi nomor dua setelah Gunung Hkakabo Razi, Myanmar yakni setinggi 5.881 mdpl.