Minggu, 14 Januari 2018 16:44 WITA

Ilmuan Temukan Cadangan Air di Planet Mars

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ilmuan Temukan Cadangan Air di Planet Mars

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan menemukan lapisan es yang terkubur hanya beberapa meter di bawah permukaan planet merah tersebut, tepatnya di wilayah bagian tengah Mars.

"Ini merupakan jendela baru menuju permukaan es di Mars,” kata ahli geologi Survey Geologi AS yang turut menemukan lapisan es di Mars, Colin Dundas, dikutip dari National Geographic, Minggu (14/1/2018).

Sebelumnya, keberadaan cadangan air es di bawah tanah Mars hanya sekadar teori belaka. Pada 2002, misi Odyssey NASA memindai planet ini dari orbit dan mendeteksi tanda-tanda daerah es yang dangkal di garis lintang tinggi. 

Pada 2008, misi NASA Phoenix menggali es air di lokasi pendaratannya di dekat kutub utara Mars.

Pada akhir 2016, para ilmuwan, yang menggunakan Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), menemukan lapisan es terkubur di garis lintang Mars yang menampung sebanyak air di Danau Superior. 

Namun, para ilmuwan masih berusaha memahami luas dan aksesibilitas dari lapisan es di bawah permukaan Mars tersebut.

Delapan situs wilayah dalam penelitian baru ini mencakup tanggul curam. Tanggul curam tersebut mengalami erosi yang menunjukkan lapisan batuan dan es yang terlihat oleh MRO. 

Es-es tersebut pertama kali muncul di antara satu dan tiga meter di bawah tanah.

Dundas mengatakan, lokasi es tersebut mendukung gagasan bahwa garis lintang Mars secara periodik terdapat hujan salju besar jutaan tahun lalu, ketika Mars miring pada porosnya di sudut yang lebih curam dari sekarang.

Seorang ilmuwan planet dari Caltech, Bethany Ehlmann, mengatakan, es tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencatat perubahan iklim di Mars baru-baru ini.