Minggu, 14 Januari 2018 09:06 WITA

Terowongan Gaza-Mesir Digempur Jet Tempur Israel

Editor: Andi Chaerul Fadli
Terowongan Gaza-Mesir Digempur Jet Tempur Israel
Jet tempur F-15 Angkatan Udara Israel selama latihan (Ofer Zidon / Flash90)

RAKYATKU.COM - Media di Palestina melaporkan jet tempur Israel sedang menggempur terowongan yang berada di antara Jalur Gaza dan Mesir pada Sabtu (13/1/2018) malam.

Pasukan Pertahanan Israel mengkonfirmasi, pesawat jet yang melakukan serangan terhadap infrastruktur yang diduga digunakan untuk aktivitas milisi Hamas Palestina.

Namun, militer Israel menolak berkomentar terkait apa sebenarnya target yang dibom di wilayah Rafah selatan itu.

Pada umumnya, terowongan yang berada di antara Gaza dan Semenanjung Sinai digunakan untuk mengangkut barang komersial untuk menghindari blokade Israel dan Mesir. Dalam beberapa kasus, terowongan itu digunakan untuk distribusi senjata dari luar ke Jalur Gaza.

“Organisasi teror Hamas bertanggung jawab atas semua aktivitas di dan dari jalur Gaza,” kata militer Israel dalam pernyataannya, seperti dikutip Times of Israel, Minggu (14/1/2018).

Serangan itu terjadi tak lama setelah militer Israel mengumumkan pihaknya tidak akan membuka Persimpangan Kerem Shalom ke Jalur Gaza pada Minggu.

Militer mengatakan, keputusan untuk tidak membuka persimpangan yang biasanya dilewati ratusan truk barang setiap hari dibuat setelah kerusuhan yang terjadi di sepanjang pagar keamanan pada Jumat lalu.

Ini merupakan yang kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu bulan Persimpangan Kerem Shalom ditutup secara tidak sah oleh Israel. Sebelumnya, alasan penutupan itu untuk memaksa kelompok militan Hamas kembali dengan tenang ke Jalur Gaza.

Pada tanggal 14 Desember, setelah beberapa serangan roket dari Gaza, Israel juga menutup Persimpangan Kerem Shalom. Padahal, jalur itu penting bagi akses keluar masuk warga Jalur Gaza.