Sabtu, 13 Januari 2018 17:14 WITA

SYL Tawarkan Suplai Beras ke Provinsi Lain

Editor: Andi Chaerul Fadli
SYL Tawarkan Suplai Beras ke Provinsi Lain

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap tidak ada impor beras dari Thailand dan Vietnam. Sebab stok beras yang ada di Sulsel bisa dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan ketersediaan beras di daerah lain.

"Saya tidak mau bicara impor, saya mau bicara berapa provinsi yang bisa disalurkan beras oleh Sulsel. Kami siap berikan semua beras di Sulsel kepada pemerintah untuk dibagikan kepada seluruh provinsi yang kekurangan stok beras," ujar Syahrul usai memantau persediaan beras di gudang Bulog Divre Sulsel, Sabtu (13/1/2018).

Dia memastikan, Sulsel sendiri tidak akan kekurangan stok meski menyuplai beberapa daerah. Alasannya, panen raya di beberapa kabupaten di Sulsel akan berlangsung akhir Januari 2018.

"Akhir Januari ini, Bone, Soppeng, dan Wajo akan panen. Satu kali panen bisa mencapai 1.500 ton. Jadi kita tidak pernah kekurangan beras, bahkan kita pernah over stok 2,6 juta ton," kata dia.

Meski demikian, dia menjelaskan, upaya pemerintah untuk mengimpor beras perlu dimaklumi.

"Ketersediaan kita di Sulsel merupakan bagian dari emergency system. Semua bupati bekerja keras, Sulsel bisa suplai daerah lain," tambahnya.

Ketersediaan beras di Sulsel mencapai 82.000 ton. Stok beras ini cukup untuk ketahanan 20 bulan ke depan atau sekitar 2 tahun.