Sabtu, 13 Januari 2018 16:41 WITA

Selain Yakuza, 4 Geng Kriminal Ini Juga Menakutkan di Dunia

Editor: Fathul Khair Akmal
Selain Yakuza, 4 Geng Kriminal Ini Juga Menakutkan di Dunia
Anggota Yakuza (Foto: amazonaws.com)

RAKYATKU.COM - Seorang 'pensiunan yakuza' asal Jepang yang dituduh membunuh musuhnya sekitar 15 tahun lalu berhasil ditangkap di Thailand setelah foto tato di seluruh tubuhnya beredar di media sosial.

Polisi menangkap pria yang pernah menjadi salah seorang bos yakuza -atau kelompok mafia Jepang itu, yang terkenal kejam dan berpengaruh- dengan tuduhan membunuh seorang musuhnya pada tahun 2003 lalu.

Selain Yakuza, dikutip kumparan.com, ada beberapa organisasi kriminal lain yang mendunia. Organisasi-organisasi tersebut memiliki anggota ribuan orang dan memiliki aktivitas di seluruh dunia.

1. Triad - China

Selain Yakuza, 4 Geng Kriminal Ini Juga Menakutkan di DuniaTriad merupakan sebuah istilah yang menggambarkan banyak kelompok kejahatan yang terorganisir. Berawal dari China, Triad berkembang hingga ke Taiwan, Hong Kong dan Singapura. Triad juga berkembang di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya. 
Diperkirakan jika mereka di satukan, jumlahnya dapat mencapai 2,5 juta orang. Dari banyak organisasi yang ada, saat ini Triad terbagi menjadi empat bagian besar, yakni Wo Hop To, Wo Shing Wo, Sun Ye on, 14K (Sap Sie Kie) dan Luen.

Wo Shing Wo adalah organisasi tertua di antara yang lainnya, diperkirakan mereka ada sejak tahun 1930-an. Sedangkan, Sun Ye on memiliki anggota yang paling banyak. Anggota Sun Ye On mencapai 55 ribu di seluruh dunia. Selain di Hong Kong, Sun Ye juga diduga memiliki anggota di Eropa, seperti Prancis dan Belgia.

Kejahatan transnasional Triad meliputi pemalsuan uang, perdagangan narkotika, hingga penyelundupan manusia. Data pemerintah Amerika Serikat pada 2013 menunjukkan ada 100 ribu warga China yang diselundupkan ke AS oleh Triad. Mereka dipaksa bekerja oleh Triad untuk melunasi utang.

2. Sisilia - Italia

Selain Yakuza, 4 Geng Kriminal Ini Juga Menakutkan di DuniaSelain Yakuza dan geng “Triad”, ada juga geng besar lainnya, yakni Kelompok Sisilia dari Italia. Sisilia adalah nama pulau Italia di Laut Mediterania. Awalnya, mafia Sisilia adalah satu keluarga, lalu berkembang menjadi beberapa klan geng kriminal.

Pengaruh mafia Sisilia terus berkembang. Hingga akhir 1970-an, mafia Sisilia merupakan kelompok yang mengendalikan perdagangan narkoba di seluruh dunia. Memasuki abad 21, setelah banyak anggota keluarganya yang ditangkap, kelompok ini melemah.
Saat ini meski melemah Sisilia masih aktif dengan visi yang sama.  

3. Mafia Rusia - Rusia

Selain Yakuza, 4 Geng Kriminal Ini Juga Menakutkan di DuniaMafia Rusia adalah salah satu geng kriminal terbesar di dunia. Menurut profesor kriminolog di Universitas Oxford, kelompok mafia ini terbagi menjadi 10 klan yang memiliki wilayah sendiri. 
Mereka memiliki satu dewan yang terdiri dari 12 orang. Dewan tersebut yang mengatur dan menjalankan aktivitas geng kriminal di Rusia. Diperkirakan mafia Rusia ini beranggotakan lebih dari 9.000 anggota. 
Sama seperti kelompok yang lainnya, mereka juga terlibat perdagangan narkoba dan penyelundupan manusia. Geng mafia Rusia berperan besar dalam penyebaran heroin dari Afghanistan.

4. Sinaloa - Meksiko

Selain Yakuza, 4 Geng Kriminal Ini Juga Menakutkan di Dunia
Sinaloa adalah nama kartel narkoba terbesar di Meksiko. Mereka adalah adalah penghubung perdagangan narkoba antara Amerika Selatan dan Amerika. Tahun lalu, kartel ini adalah penyelundup narkotika paling aktif ke Amerika Serikat.

Konsumsi narkoba di AS diperkirakan senilai USD 100 miliar per tahun. Sebanyak 60 persen dari total konsumsi tersebut dikendalikan oleh Sinaloa. Menurut Washington Post, antara 1990 dan 2008, Sinaloa menyelundupkan hingga 200 ton kokain ke AS.

Tags