Sabtu, 13 Januari 2018 15:00 WITA

Saluran Drainase di Makassar Sengaja Disumbat?

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Saluran Drainase di Makassar Sengaja Disumbat?

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Saluran drainase di Jalan Gunung Nona, Kelurahan Pisang Selatan, Kecamatan Ujungpandang, Makassar, diduga sengaja disumbat. 

Dugaan ini mencuat, setelah petugas kebersihan dan warga  menemukan karung putih berisi kerikil pada saluran drainase, di wilayah tersebut, Sabtu (13/1/2017).

Camat Ujung Pandang, Zulkifli Nanda menuturkan, sebelumnya ia memerintahkan petugas untuk membersihkan saluran drainase guna mengantisipasi banjir di wilayah tersebut. Namun, ternyata petugas kebersihan malah ditemukan tumpukan karung berisi krikil dalam saluran drainase itu.

Saluran Drainase di Makassar Sengaja Disumbat?"Sepertinya ada oknum yang sengaja membuat tanggul di dalam drainase, supaya banjir. Dia menaruh di bawah kolong jembatan drainase agar sulit kelihatan. Tapi alhamdulillah, bisa segera ditemukan petugas dan warga," ungkapnya.

Penemuan ini, lanjut Zulkifli, menjawab persoalan genangan yang kerap terjadi beberapa hari terakhir di daerahnya. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir, wilayah tersebut tidak pernah tergenang air.

Saluran Drainase di Makassar Sengaja Disumbat?Dia pun berharap, kejadian seperti itu tidak terulang lagi. Apalagi mengingat curah hujan saat ini sangat tinggi. Sehingga sangat berpotensi menyebabkan terjadinya banjir.

"Saya sudah memerintahkan kepada petugas kebersihan untuk memeriksa kembali seluruh drainase, jangan sampai sumbatan serupa masih ada di tempat lain," pungkas Zulkifli.