Sabtu, 13 Januari 2018 12:12 WITA

Harga Beras di Sulsel Masih Stabil

Editor: Fathul Khair Akmal
Harga Beras di Sulsel Masih Stabil
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Harga beras naik di sejumlah daerah di Tanah Air. Kenaikan harga itu, mulai banyak dikeluhkan para pedagang beras hingga ibu rumah tangga.

Namun, Kadis Perdagangan Sulsel, Hadi Basalamah mengatakan, kenaikan harga beras tidak terjadi di Sulsel. Ia menegaskan, harga beras di Sulsel masih relatif stabil.

"Perkembangan harga sampai hari ini berdasarkan pantauan Disperindag relatif stabil. Terjangkau dan tidak ada indikasi pembelian yang berlebihan. Untuk komoditas bahan pokok, Pemprov Sulsel telah melakukan beberapa langkah antisipasi, bekerja sama dengan satgas pangan dan Perum Bulog," ujar Hadi Basalamah.

Meskipun begitu, Pemerintah Provinsi Sulsel tetap mengambil langkah cepat dalam mengatasi dinamika dan perkembangan harga yang diyakini ketahanan pangan dapat terpenuhi hingga 20 bulan kedepan.

Ia pun mengklaim, jika Harga Eceran Tertinggi (HTE) beras medium di Sulsel mencapai Rp9.450 per kg untuk wilayah Sulsel. Dan harga yang ada di pasar tradisional masih dibawah HET. 

"Selama harga stabil, kita tidak perlu lakukan operasi pasar. Tapi kalau harga bergerak naik, maka kita akan lakukan operasi pasar. Inilah langkah strategis yang kita ambil. Hasil Kementerian Perdagangan, Sulsel ada diangka yang baik. Harapan kita, Sulsel bisa mempertahankan ini sebagai daerah produsen beras tertinggi," tutupnya.