Sabtu, 13 Januari 2018 11:56 WITA

BPBD Gowa Imbau Warga Pegunungan Waspada Longsor

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BPBD Gowa Imbau Warga Pegunungan Waspada Longsor

RAKYATKU.COM, GOWA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, mengimbau warga yang tinggal di sekitar area pegunungan agar tetap waspada bencana alam longsor. 

Imbauan ini diserukan, melihat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Diperkirakan hal tersebut bisa membuat tanah dipegunungan bergeser dan berpotensi longsor.

"Yang bermukim di area kemiringan di atas 30 derajat agar senantiasa waspada menghadapi puncak musim penghujan, karena sewaktu-waktu dapat terjadi pergrseran tanah dan terjadi longasor," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gowa Iksan Parawansyah, Sabtu (13/1/2018).

Saat ini pihak BPBD Gowa intens melakukan koordinasi dengan Badan Metereologi, Klimatolodi dan Goefisikan (BMKG), untuk memantau perkembangan situasi cuaca. Selain itu BPBD Gowa juga terus melakukan koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sebagian besar daerah dataran tinggi yang berpotensi besar terjadinya pergerakan tanah. Jika longsor terjadi, segera melaporkan ke posko kecamatan," imbaunya.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi, di Dusun Tonrokombang, Desa Bilanrengi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Jumat (12/1/2018). Bencana ini menimbun 40 meter akses jalan di wilayah tersebut.

Informasi yang dihimpun Rakyatku.com, kejadian tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak malam hingga pagi hari, sehingga tanah yang labil yang mengakibatkan tanah goyah dan longsor.

"Jalanan yang tertutupi material longsor sekitar 40 meter yang merupakan akses utama jalan poros desa. Sampai saat ini masih sering terjadi longsor susulan," pungkasnya.