Sabtu, 13 Januari 2018 11:32 WITA

Untuk Pertamakalinya, Wanita Saudi Diizinkan Masuk Stadion

Editor: Suriawati
Untuk Pertamakalinya, Wanita Saudi Diizinkan Masuk Stadion
Foto: AFP

RAKYATKU.COM - Arab Saudi untuk pertama kalinya mengizinkan wanita menonton pertandingan sepak bola di stadion. Ini merupakan bagian dari reformasi gender yang dipelopori oleh putra mahkota.

Fans sepak bola wanita masuk di stadion King Abdullah Sports City di Jeddah pada hari Jumat (12/01/2018) untuk menyaksikan Liga Saudi Pro. Namun, mereka harus masuk melalui pintu putar yang ditujukan untuk wanita dan keluarga. Mereka juga harus duduk di kursi keluarga.

Lamya Khaled Nasser, seorang penggemar sepak bola berusia 32 tahun asal Jeddah, mengatakan kepada AFP bahwa dia bangga dan menanti pertandingan tersebut. "Acara ini membuktikan bahwa kita menuju masa depan yang sejahtera. Saya sangat bangga menjadi saksi perubahan besar ini," katanya.

Untuk Pertamakalinya, Wanita Saudi Diizinkan Masuk StadionTidak cukup sampai di situ, pemerintah Saudi juga mengumumkan bahwa perempuan akan kembali diizinkan untuk menghadiri pertandingan kedua pada hari Sabtu dan ketiga pada hari Kamis.

Bagian lain dari stadion juga akan siap untuk para penggemar wanita pada awal musim berikutnya, termasuk kafe dan ruang sholat terpisah.

Langkah untuk membuka stadion untuk wanita untuk pertama kalinya diumumkan Oktober lalu.