Sabtu, 13 Januari 2018 09:52 WITA

Fantastis, Pengemis Dubai Kumpulkan Rp980 Juta Sebulan

Editor: Suriawati
Fantastis, Pengemis Dubai Kumpulkan Rp980 Juta Sebulan
INT

RAKYATKU.COM - Semua orang tahu bahwa Dubai adalah kota kaya, tapi tidak banyak yang tahu bahwa saking kayanya, bahkan pengemis di sana pun berpenghasilan fantastis.

Saking menguntungkannya mengemis di Dubai, banyak orang-orang datang ke UAE secara legal dengan menggunakan visa perjalanan tiga bulan, demi untuk bisa mengisi kantong mereka di jalanan.

Itu mungkin terdengar mengejutkan, tapi beberapa dari mereka yang disebut "pengemis profesional" atau "pengemis cerdas" bisa mendapatkan sampai Dh270.000 (sekitar Rp980 juta) per bulan.

Mengapa mereka disebut pengemis profesional dan pengemis cerdas? Pertama, itu karena mereka menargetkan orang-orang yang "terlihat kaya" dan kedua, mereka menggunakan kisah menyedihkan untuk mendapatkan bantuan.

"Mereka (pengemis) meyakinkan orang-orang dengan cerita mereka dan mendapatkan simpati mereka (orang kaya). Dulu saya memberi uang kepada orang-orang seperti itu pada awalnya. Kemudian saya menyadari bahwa ini telah menjadi fenomena dan mengabaikan cerita mereka," kata seorang penduduk Dubai, Nawal Al Naqbi, pada The Khaleej Times.

Laporan tentang pengemis profesional yang memanfaatkan kemurahan hati warga Dubai yang kaya telah menyebar secara online selama tiga tahun terakhir. Meski polisi setempat berupaya untuk memberantas praktik tersebut, namun masih ada saja pengemis di jalan.

Pada 2016, polisi menangkap seorang pengemis yang menghasilkan lebih dari Dh270.000 sebulan. Setelah identitasnya diselidiki, ternyata dia adalah seorang turis legal, dengan visa tiga bulan yang valid.

"Beberapa pengemis membawa paspor yang dikeluarkan dengan visa bisnis atau turis. Dalam kampanye tersebut, kami menemukan bahwa sebagian besar pengemis telah memasuki negara tersebut secara legal dengan visa tiga bulan, untuk mengumpulkan uang sebanyak yang mereka bisa selama berada di sini," kata Faisal Al Badiawi, Kepala Bagian Pasar di kota.

Namun, meski berpotensi mengumpulkan banyak uang, mengemis di Dubai atau kota-kota UEA lainnya berisiko dipenjara dan diasingkan.

Sumber: Oddity Central

Tags