Sabtu, 13 Januari 2018 09:53 WITA

KPU Sulsel Target Coklit 1 Juta Pemilih Hingga 20 Januari

Editor: Fathul Khair Akmal
KPU Sulsel Target Coklit 1 Juta Pemilih Hingga 20 Januari
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan untuk menyelesaikan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap satu juta pemilih di Sulsel pada tanggal 20 Januari mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas KPUD Sulsel Asrar Marlang. Menurut Asrar, coklit kali ini berbeda dengan coklit sebelumnya. 

"Di periode  pemilihan sebelumnya, coklit perdana hanya dilakukan oleh  petugas PPDP saja. Kali ini semua terlibat, mulai dari KPU Pusat, KPU Provinsi dan KPUD kabupaten/kota hingga penyelenggara ad-hoc PPK, PPS sampai PPDP," tutur Asrar saat dikonfirmasi, Jumat (12/1/2018) malam.

Menurut Asrar, nantinya satu komisioner akan coklik minimal lima rumah. KPU Provinsi dan KPUD kabupaten/kota akan mengerahkan baik komisioner dan sekretariat dimana terdapat 448 orang Staf Organik ditambah 1.535 staf PPK, 9.0141 staf PPS dan 21.209 staf PPDP.

"Gerakan coklit ini diharapkan memberikan signal bagi masyarakat untuk aktif dan mengetahui diawal bahwa mereka sudah terdaftar sebagai pemilih. Dengan demikian, partisipasi aktif dari awal masyarakat akan berdampak pada perbaikan kualitas data pemilih di awal kegiatan pemutakhiran data pemilih," tambah Asrar.

Sebelumnya, pada hari Jumat (12/1/2018) kemarin, KPUD Sulsel telah menggelar simulasi coklit kepada seluruh staf dan komisioner.

Kegiatan yang di gelar di aula KPUD Sulsel tersebut melibatkan 50 orang terdiri dari komisioner dan staf KPU. Simulasi yang digunakan berupa formulir yang akan digunakan oleh Petugas Pemutahiran  Data Pemilih (PPDP). 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tata cara mengisi formulir kepada pelaksana coklit nantinya," pungkas Asrar.