Sabtu, 13 Januari 2018 09:34 WITA

2018, Disdik Sulsel Target Semua SMA/SMK Laksanakan UNBK 

Penulis: Azwar Basir
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
2018, Disdik Sulsel Target Semua SMA/SMK Laksanakan UNBK 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pendidikan Sulsel menargetkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK dan sederajatnya tahun ini seluruhnya berbasis komputer.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo (None) mengatakan, jika ujian akhir bagi siswa kelas III SMA/SMK sederajat, baik negeri maupun swasta, diupayakan tidak lagi basis kertas. 

"Kami upayakan tahun ini tidak ada lagi pencetakan naskah ujian. Sebagai siswa harus menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK," ujar None. 

Menurut None, dengan tidak ada lagi pencetakan naskah ujian nasional, maka potensi kebocoran soal di kalangan siswa bisa dihindari. Sebab, seluruh siswa akan menghadapi materi soal yang berbeda beda. 

"Juga tidak ada lagi penyaluran kertas soal ke seluruh daerah di Sulsel. Sebab potensi kebocoran saat soal disalurkan ke daerah," katanya 

Namun, yang mesti  menjadi perhatian saat ini adalah persiapan sarana dan pra sarana yang dibutuhkan. Mulai dari jaringan internet, ketersediaan komputer dan laptop, serta tenaga listrik. 

"Karena mau atau tidak mau, suka atau tidak, seluruh siswa yang saat ini sudah kelas tiga, harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," tutupnya.