Sabtu, 13 Januari 2018 09:00 WITA

Pria Dilarang Masuk, Begini Kondisi Showroom Khusus Wanita di Jeddah

Editor: Abu Asyraf
Pria Dilarang Masuk, Begini Kondisi Showroom Khusus Wanita di Jeddah
Seorang wanita Saudi mengetes mobil idaman di showroom khusus wanita, Kamis (11/1/2018) waktu setempat. (FOTO: AFP/DAILYMAIL)

RAKYATKU.COM,JEDDAH - Sebuah showroom mobil di Jeddah Barat, Arab Saudi berani tampil beda. Pemilik melarang pria masuk. Tempat ini khusus untuk para wanita yang ingin membeli mobil kesukaannya.

Berbeda dengan showroom pada umumnya, seluruh karyawannya pun wanita. Dengan begitu, wanita yang hendak mencari mobil kesukaan bisa lebih leluasa.

Showroom mobil ini dibuka di salah satu pusat perbelanjaan di Jeddah Barat. Lima bulan lalu, Raja Salman bin Abdulaziz mengeluarkan kebijakan baru yang membolehkan wanita mengemudi. 

Seperti dikutip dari Arab News, ruang pamer ini menawarkan berbagai pilihan kendaraan dari berbagai jenis. Perusahaan bekerjasama dengan bank terkemuka dan perusahaan keuangan untuk memudahkan konsumen mendapat mobil yang diinginkan.

Pada foto-foto yang dilansir Dailymail, tampak sejumlah wanita bercadar atau memakai penutup wajah berkeliling showroom. Ada yang membawa serta anaknya yang juga wanita. Ada juga foto wanita berjilbab yang sedang mengetes salah satu mobil.

Pria Dilarang Masuk, Begini Kondisi Showroom Khusus Wanita di Jeddah

Kebijakan pemerintah mengizinkan wanita untuk mengemudi mendapat respons positif dari warga Arab Saudi. Tercatat 63 persen responden mengaku senang dengan keputusan itu. Kebijakan itu dianggap berdampak positif pada modernisasi Saudi.

Namun, tidak sedikit yang menyayangkan kebijakan itu. Mereka yang tidak setuju khawatir ada implikasi negatif terhadap wanita. Termasuk kemungkinan meningkatnya kasus pelecehan di jalan.