Jumat, 12 Januari 2018 15:20 WITA

Inilah Kadis yang Berpeluang Jadi Plt Sekprov Sulsel

Penulis: Azwar Basir
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Inilah Kadis yang Berpeluang Jadi Plt Sekprov Sulsel
Abdul Latief.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekretaris Provinsi Sulsel (Sekprov), Abdul Latief resmi mendaftar di KPUD Pinrang sebagai calon bupati Pinrang periode 2018-2023 mendatang.

Dengan majunya Abdul Latief sebagai calon bupati Pinrang, otomatis Abdul Latief harus mundur dari jabatannya sebagai Sekprov dan digantikan oleh Plt.

Untuk menggantikan posisi tersebut, ada beberapa nama Kepala Dinas (Kadis) di lingkup Pemprov yang berpeluang menggantikan Abdul Latief, diantaranya Kadisdik Sulsel, Irman Yasin Limpo dan Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman.

Selain itu, ada pula Kadis Sosial Sulsel, Andi Ilham Ghazaling, Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Yamin.

Meski demikian, Sekprov Sulsel, Abdul Latief mengatakan, hampir seluruh kepala dinas di lingkup pemprov sudah memenuhi persyaratan dari golongannya. 

"Kalau masalah persyaratan Diklat Pim 1, tidak apa-apa jika baru Plt yang belum mengikuti Diklat Pim 1. Bahkan ada juga Kadis yang sudah mengikuti Diklat Pim 1, itu lebih bisa diperhitungkan," ujar Abdul Latief.

Untuk itu katanya, semua kepala dinas yang melewati persyaratan memiliki peluang untuk menjadi Plt Sekprov. Apalagi yang sudah mengikuti Diklat Pim 1.

"Tapi kembali lagi kepada Gubernur yang punya wewenang untuk menentukan siapa jadi Plt," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dirinya sampai saat ini belum memikirkan tentang siapa yang akan menjadi Plt Sekprov.

"Sekprov masih berjalan belum mengundurkan diri. Saya masih belum memikirkan soal itu," ungkap Syahrul Yasin Limpo.