Jumat, 12 Januari 2018 08:11 WITA

TP4D Kaji Realisasi 7 Proyek Dinas Tata Ruang Pangkep

Editor: Fathul Khair Akmal
TP4D Kaji Realisasi 7 Proyek Dinas Tata Ruang Pangkep
Ketua Tim TP4D Kabupaten Pangkep, Mustar

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Ketua Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Pangkep, Mustar mengaku sementara memantau dan mengkaji beberapa pelaksanaan proyek di Pangkep, khususnya proyek-proyek yang pelaksanaanya belum rampung atau yang lanjut di tahun 2018.

Diantara proyek tersebut, tujuh diantaranya di Dinas Tata Ruang Pangkep, termasuk diantaranya proyek pembangunan tribun alun-alun lapangan citra mas, yang dalam penganggaran pertama 2017 lalu, sebagaimana pagu anggaran sebesar Rp2 miliar lebih, dan realisasi Rp1 miliar lebih.

Ia juga mengimbau pelaksana proyek untuk memperhatikan waktu pelaksanaan sebagaimana kontrak yang telah disepakati. Karena, bukan hanya denda karena keterlambatan, atau pemutusan kontrak oleh PPK, jika ditemukan fakta di lapangan, realisasi tidak sesuai presentasi yang telah disepakati, sementara pencairan melampaui realisasi, bukan tidak mungkin akan menjadi temuan.

"Kalau bicara denda karena keterlambatan, dihitung satu per seribu dikali nilai kontrak per hari. Namun sebelum itu, PPK juga berhak melakukan pemutusan kontrak jika menganggap pelaksana tidak mampu," ungkap Mustar yang juga Kasi Intel Kejari Pangkep, Kamis (11/1/2018). 

Dari tujuh proyek di Dinas Tata ruang tersebut kata Mustar, total anggarannya sebesar Rp8,9 miliar. Dengan realisasi anggaran sebesar Rp6,4 miliar. Nilai sisa proyek yang belum dicairkan sebanyak Rp2,3 miliar. 

Selain pembangunan tribun lapangan citra mas ada pembangunan Kantor Lurah Tekolabbua dengan nilai kontrak Rp336 juta dengan realisasi Rp191 juta, penambahan ruang aspirasi Rujab Bupati dengan nilai kontrak Rp 149 dengan realisasi Rp 131 juta. 

Proyek lanjutan pembangunan Kantor Dinas Pekerjaan Umum sebesar Rp 748 juta dengan realisasi Rp 630 juta, proyek lanjutan pembangunan Gedung Serba Guna Balang Lompo dengan nilai kontrak sebesar Rp 149 juta dengan realisasi Rp 104 juta. Proyek  rehab Tribun Citra Mas dengan nilai kontrak Rp 2.033 miliar dengan realisasi Rp 1,4 miliar. 

Dua proyek lainnya yaitu, proyek anjungan Sungai Pangkajene dengan nilai kontrak Rp4,9 miliar dengan realisasi Rp3,4 miliar dan rehab Asrama IPPM Jogjakarta dengan nilai kontrak Rp569 juta dengan realisasi sebesar Rp506 juta. 

“Jangan sampai ada pencairan seratus persen sementara pekerjaan tidak selesai,” pungkasnya.