Kamis, 11 Januari 2018 12:51 WITA

Bisnis Menggiurkan Bom Ikan di Pangkep

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Almaliki
Bisnis Menggiurkan Bom Ikan di Pangkep

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Salah satu penyebab kasus bom ikan di perairan Pangkep sulit hilang, disilnyalir karena bisnis bahan bom ikan yang menggiurkan. Bahkan, harga jual beli bahan baku peledak bom ikan, pupuk amonium nitrate, diketahui mencapai jutaan rupiah per sak yang beratnya 25 kilogram. 

Sebagaimana disampaikan Kepala Kejari Pangkep, Firmansyah Subhan, usai memusnahkan ratusan sak pupuk amonium nitrate yang merupakan bahan utama bom ikan, di Desa Mangilu, Rabu (10/1/2018). Bahwa harga pupuk tersebut dari Malaysia berkisar Rp500 ribu per sak, dan dijual Rp3 juta per saknya kepada nelayan.

Pupuk amonium nitrate sendiri, kata Firmansyah, memiliki fungsi yang mirip dengan pupuk urea yang biasa digunakan masyarakat. Hanya saja, amonium nitrate biasa digunakan di lahan tandus, sehingga memiliki kandungan hulu ledak.

Loading...

"Harga jualnya di Malaysia 500 ribu per sak, dan dijual ke nelayan Rp3 juta per sak. Namun tak sebanding dengan dampak kerusakannya sangat berbahaya. Kita berharap tidak terulang kembali," ujar Firmansyah.

Dijelaskan Firmansyah, kasus ini terungkap berkat kerja keras pihak kepolisian Pangkep. Bahkan tak lama, bila telah inkrach, barang bukti kasus bom ikan yang lain, yang sementara berproses di pengadilan, akan kembali dimusnahkan.

Loading...
Loading...