Rabu, 10 Januari 2018 16:21 WITA

Dialihkan ke 2018, Anggaran Petepete Smart Dinaikan 20 Persen

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Almaliki
Dialihkan ke 2018, Anggaran Petepete Smart Dinaikan 20 Persen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasca mengalami empat kali gagal tender. Proyek pengadaan 10 unit Petepete Smart, kembali dilaksanakan pada tahun anggaran 2018.

Bahkan anggaran untuk pengadaan moda transportasi modern yang didesain langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto ini, akan ditambah.

Pasalnya, kegagalan tender yang dilakukan pada tahun anggaran 2016 dan 2017 lalu, disebabkan nilai kontrak Petepete Smart dianggap terlalu rendah oleh rekanan. Sehingga anggaran dan pengadaan fasilitas perlu dikaji ulang.

Diketahui, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) 2016. Pemerintah Kota Makassar menganggarkan Rp1,350 miliar, untuk pengadaan lima unit Petepete Smart. Namun setelah dua kali gagal lelang, Danny Pomanto akhirnya membuat prototype Petepete Smart dengan dana pribadi, dan diluncurkan pada 12 Desember 2016 lalu.

Sementara pada APBD 2017, pemerintah kota melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP), kembali melelang tender proyek pengadaan untuk 10 unit Petepete Smart. Dengan total anggaran Rp3 miliar, atau Rp300 juta per unit.

Dialihkan ke 2018, Anggaran Petepete Smart Dinaikan 20 Persen

“Kemungkinan besar anggaran akan dinaikkan hingga 20 persen dari pagu tahun lalu. Tapi rencana tersebut masih dalam tahap asistensi. Sehingga proses tender paling cepat dilakukan pada triwulan kedua,” kata Kepala Bidang Moda Transportasi Dinas Perhubungan Kota Makassar, Jasman Launtu.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan, Mario Said, mengungkapkan persoalan lain yang menyebabkan gagalnya lelang tender Petepete Smart, yaitu masalah perizinan dan administrasi.

"Pemerintah Kota Makassar akan turun langsung untuk menyelesaikan persoalan itu. Saat ini kita sementara urus untuk administrasi di Kementerian Perhubungan. Selain itu, kita juga akan membantu pengurusan izin dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Mengingat Petepete Smart merupakan hasil modifikasi dari mobil yang sudah ada," tutupnya.