Rabu, 10 Januari 2018 14:48 WITA

Bantuan bagi Penderita Kanker namun Kurang Mampu di Soppeng

Editor: Almaliki
Bantuan bagi Penderita Kanker namun Kurang Mampu di Soppeng

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Guna menekan jumlah penderita kanker, khususnya di wilayah Kabupaten Soppeng. Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) wilayah Sulsel, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng, menyosialisasikan bahaya penyakit kanker dan tumor, di ruang pola Kantor Bupati Soppeng, Rabu (10/1/2018).

"Karena berdasarkan data dari rumah sakit. Rata-rata pasien penderita kanker dan tumor sudah memasuki stadium lanjut," ungkap Kabag Kesra, Risga.

Sementara Penyuluh Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI), Besse Yurida, menjelaskan ada beberapa cara mengenali secara dini gejala penyakit kanker, cara mencegah, serta mengobati penyakit kanker, khususnya pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker serviks.

"Penyebab kanker dapat dipicu dari berbagai hal, salah satunya dari faktor genetik, pola makan, dan gaya hidup" terangnya.

Selain itu, penyebab kanker biasanya diawali dari terjadinya penyakit tumor. Penyakit tumor yang terjadi, bisa jinak dan juga ganas. Penyakit tumor jinak biasanya cenderung lebih lama prosesnya, sehingga menjadi kanker. Sedangkan tumor ganas, dapat secara cepat berubah menjadi kanker.

Besse juga menyampaikan, apabila ada keluarga atau tetangga yang terkena kanker, tapi tidak memiliki biaya untuk pengobatan, maka disarankan segera hubungi YSKI (Besse Yurida, 0852 5573 5746).

"Yayasan kami akan turun langsung melihat penderitanya, dan memberikan dana bantuan kepada penderita kanker yang betul-betul tidak mampu. Selain itu, kami juga mengumpulkan bibit temu putih yang mengandung 95 persen zat anti kanker, dan membagikan secara gratis kepada masyarakat," tandas Besse.