Minggu, 07 Januari 2018 17:53 WITA

Liga Arab Akan Melobi PBB untuk Mengakui Negara Palestina

Editor: Suriawati
Liga Arab Akan Melobi PBB untuk Mengakui Negara Palestina
Para menteri luar negeri Arab berkumpul di Kairo untuk menghadiri pertemuan Liga Arab untuk membahas Yerusalem, 7 Desember 2017 (Reuters)

RAKYATKU.COM - Negara-negara Arab akan segera memulai usaha diplomatik untuk meyakinkan PBB agar mengakui negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi setelah melakukan pertemuan dengan lima menteri luar negeri Arab (Mesir, Maroko, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Palestina) di Amman, Yordania pada hari Sabtu (06/01/2017).

"Kami akan ... meminta resolusi (PBB) untuk mengakui sebuah negara Palestina di perbatasan 1967 dengan Yerusalem sebagai ibukotanya," kata Safadi. Dia tidak merinci banyak tentang resolusi ini atau mengatakan apakah dia mengacu pada resolusi Dewan Keamanan atau Majelis Umum PBB.

Safadi menambahkan bahwa mereka akan merekomendasikan serangkaian langkah untuk menggelar pertemuan Liga Arab pada akhir bulan ini untuk membahas tentang hal tersebut.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan bahwa pertemuan tersebut juga akan membahas peran Washington dalam perdamaian Arab-Israel di masa depan.

"Kami ingin mengurangi kerugian di pihak Palestina dan mengurangi keuntungan Israel," kata Aboul Gheit.

Pengakuan Trump terhadap Yerusalem telah membuat marah dunia Arab, yang mengatakan ini merupakan pukulan bagi upaya perdamaian dan berisiko yang memicu lebih banyak kekerasan di wilayah tersebut.

Warga Palestina mengklaim Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan. Israel menganggap Yerusalem sebagai ibukota abadi dan tak terpisahkan.

Pada tahun 2012, Majelis Umum PBB sangat menyetujui pengakuan de facto terhadap negara berdaulat Palestina dalam sebuah resolusi yang mengatakan bahwa status Yerusalem harus diselesaikan melalui negosiasi.