Minggu, 07 Januari 2018 15:46 WITA

Trump Bersedia Berbicara Dengan Kim Jong-un

Editor: Suriawati
Trump Bersedia Berbicara Dengan Kim Jong-un
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Presiden Amerika Serikat tampaknya melunak terhadap Korea Utara, dan menyatakan bahwa dia bersedia untuk berbicara langsung dengan pemimpin negara itu, Kim Jong-un.

"Saya selalu percaya untuk berbicara," kata Trump dalam retret kepresidenan Camp David, saat ditanya apakah dia bersedia berbicara dengan Kim melalui telepon.

"Tentu saja saya akan melakukan itu, tidak masalah sama sekali," kata Trump, sambil menjelaskan bahwa ini tidak berarti dia akan melakukannya tanpa prasyarat.

Pernyataan ini muncul setelah Korea Utara dan Korea Selatan sepakat untuk mengadakan perundingan resmi pertama mereka dalam lebih dari dua tahun.

Menyangkut pembicaraan tersebut, Trump mengungkapkan harapan bahwa itu akan melampaui diskusi mengenai partisipasi Pyongyang di Olimpiade Musim Dingin yang akan berlangsung di Selatan.

"Saya ingin melihat mereka membawanya melampaui Olimpiade," kata Trump. "Dan pada saat yang tepat, kita akan terlibat."

Dia menambahkan bahwa jika ada sesuatu yang bisa keluar dari perundingan, "itu akan menjadi hal yang hebat bagi semua umat manusia."

Trump Bersedia Berbicara Dengan Kim Jong-unKim mengatakan dalam sebuah pidato Tahun Baru bahwa negaranya menginginkan kesuksesan untuk Olimpiade, yang akan diselenggarakan pada 9-25 Februari, dan akan mempertimbangkan untuk mengirim sebuah delegasi.

Menurut Kementerian Unifikasi di Seoul, perundingan akan berlangsung di desa gencatan senjata Panmunjom pada hari Selasa (09/01/2018).