Kamis, 04 Januari 2018 20:12 WITA

Petani Maros Dapat Tujuh Alsintan

Editor: Adil Patawai Anar
Petani Maros Dapat Tujuh Alsintan

RAKYATKU.COM, MAROS - Sebanyak tujuh alat mesin pertanian (Alsintan) diserahkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros Kamis (4/1/2018). Alsintan ini diserahkan langsung oleh anggota Komisi II DPRD Maros Hj Suhartina Bohari didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros Nurdin. 

Muh Nurdin mengatakan, alsintan yang diserahkan kepada gapoktan di Desa Tanete ini merupakan realisasi kunjungan kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beberapa waktu lalu di Desa Tanete. 

"Ini kan pertama kali mendapat bantuan alsintan. Sehingga kita berharap agar  alsintan ini bisa dikelola dengan baik oleh kelompok tani. Jangan sampai dimiliki secara perorangan," jelasnya.

Dia juga menambahkan, sistem pengelolaan alsintan ini menggunakan sistem brigade yakni semua pembiayaan itu menjadi tanggung jawab kelompok. 

"Ketika ada hasil dari alsintan itu dikelola sendiri oleh kelompok tani. Makanya harus dibukukan dengan baik. Jadi kalau ada yang menyewa hasilnya harus disimpan dengan baik," jelasnya. 

Nurdin menambahkan, sasaran pemberian alsintan ini tidak lain peningkatan hasil produksi padi, jagung dan kedelai. 

Hal Senada juga disampaikan anggota Komisi II DPRD Maros, Suhartina Bohari. Dia mengharapkan apa yang menjadi bantuan hari ini bisa menjadi awal yang baik bagi para kelompok tani di Desa Tanete Kecamatan Simbang.

"Ini kan tindaklanjut dari kunjungan pak Menteri Pertanian beberapa bulan yang lalu. Dan hari ini bisa terealisasi dengan dilakukannya penyerahan bantuan alat pertanian ke beberapa kelompok tani. Tentu kita harwpkan ini bisa dimanfaatka dengan baik," jelasnya.

Dia juga menambahkan dengan alsintan ini produksi padi bisa terus meningkat guna mendukung swasembada pangan.