Rabu, 03 Januari 2018 12:23 WITA

Trump Ancam Hentikan Bantuan ke Palestina

Editor: Suriawati
Trump Ancam Hentikan Bantuan ke Palestina
Donald Trump

RAKYATKU.COM - Presiden AS Donald Trump mengancam akan menghentikan pembayaran bantuan kepada orang-orang Palestina. Menulis di Twitter, Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak menerima apresiasi atau penghargaan sebagai imbalan atas bantuannya.

Pernyataan itu merupakan tanggapan atas ungkapan Presiden Palestina bahwa AS bukan lagi mediator yang bisa dipercaya dalam perundingan damai, dan muncul hanya sehari setelah Trump menyerang Pakistan.

"Bukan hanya Pakistan yang kita bayar miliaran dolar dan tidak mendapatkan apa-apa," kata Trump, saat memulai tweetnya pada Selasa malam.

"Sebagai contoh, kita membayar ratusan juta dolar ke Palestina dalam setahun dan tidak mendapat apresiasi atau penghargaan. Mereka bahkan tidak ingin menegosiasikan sebuah perjanjian perdamaian yang telah lama tertunda dengan Israel," katanya.

"Karena orang-orang Palestina tidak lagi mau berbicara damai, mengapa kita harus melakukan pembayaran di masa depan yang besar ini kepada mereka?"

Tweet Trump juga menyusul ucapan dari Nikki Haley, utusan AS untuk PBB, yang mengatakan bahwa AS akan berhenti memberikan kontribusi kepada badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina. Badan ini menjalankan program pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Amerika Serikat adalah pendonor terbesar, yang menyerahkan hampir $370 juta (sekitarRp4,9 triliun) pada tahun 2016. Pendonor terbesar kedua adalah Uni Eropa, yang menyumbang kurang dari separuh yang diberikan AS.