Rabu, 03 Januari 2018 10:06 WITA

Selamat Tinggal Tunjangan Pakasi Pemprov Sulsel

Penulis: Azwar Basir
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Selamat Tinggal Tunjangan Pakasi Pemprov Sulsel
Pegawai Negeri Sipil (dok).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR  - Pemprov Sulsel menghapus pemberian tunjangan pakasi atau honor kegiatan, mulai tahun 2018 ini. Sebagai gantinya, PNS Pemprov Sulsel akan diberikan Tunjangan Kinerja (Tukin). Penghapusan pakasi ini berdasarkan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. 

Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman mengatakan, KPK memberi dua opsi. Memberi tukin atau tidak sama sekali. Opsi pertama yang kemudian diambil. Pemprov Sulsel berencana hanya empat OPD yang akan diberikan tukin.

Yaitu BKD Sulsel, Inspektorat Daerah, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), dan Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP).

"Tapi hal itu dievaluasi oleh KPK. Kita pun ambil yang lebih elegan dengan mengikuti arahan KPK memberikan seluruh Tukin kepada seluruh OPD," ujar Jufri Rahman. 

Jadi, lanjut Jufri, seluruh komponen yang terkait dengan honor kegiatan sudah tidak berlaku lagi di 2018. "Sementara terkait berapa besaran tukin yang diberikan, tergantung greatnya. Bagaimana menentukan great, itu ditentukan dari hasil analisis jabatan dan analisisi beban kerja," jelasnya. 

Soal ketersediaan anggaran untuk tukin, Jufri, menjaminnya. "Masalah kemampuan anggaran itu sudah menjadi sebuah resiko yang harus ditanggung. Tapi saya kira itu tidak jauh beda dari anggaran sebelumnya. Karena pakasi dihilangkan, kemudian ada tukin. Kalaupun ada tambahan anggaran itu tidak terlalu signifikan. Intinya tahun ini honor kegiatan haram hukumnya," tutupnya.