Selasa, 02 Januari 2018 15:59 WITA

Trump Serang Pakistan Lewat Tweet Pertamanya di 2018

Editor: Suriawati
Trump Serang Pakistan Lewat Tweet Pertamanya di 2018
Foto: Getty Images

RAKYATKU.COM - Presiden AS Donald Trump menggunakan tweet pertamanya di tahun 2018 untuk menyerang Pakistan. Ia menuduh negara tersebut telah berbohong dan menipu Amerika Serikat, serta menyimpan teroris.

"Amerika Serikat dengan bodohnya telah memberi bantuan kepada Pakistan lebih dari 33 miliar dolar selama 15 tahun terakhir, dan mereka tidak memberikan apa-apa selain kebohongan dan kebohongan, berpikir bahwa pemimpin kita sebagai orang bodoh," tulis Trump.

Ia menambahkan bahwa "mereka menyediakan tempat yang aman bagi teroris yang kita cari di Afghanistan, dengan sedikit bantuan. Tidak lagi!"

Hal itu tentu saja membuat Pakistan marah. Mereka merespon dengan mengatakan bahwa semua dana tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan bahwa Trump mungkin kesal karena "kekalahan AS di Afghanistan".

"Kami telah mengatakan kepada AS bahwa kami tidak akan berbuat lebih banyak... Pakistan siap mengumumkan setiap detail bantuan AS yang telah diterimanya," kata Menteri Luar Negeri Pakistan Khawaja Asif pada Geo TV Pakistan.

AS adalah sekutu kunci negara tersebut, yang menikmati status khusus sebagai mitra aliansi non-NATO. Tapi pemerintahan Trump telah memperingatkan bahwa dana bantuan akan didiskusikan ulang jika Pakistan mereka tidak mau mengubah sikap mereka atau mengubah pendekatan mereka terhadap bagaimana mereka berurusan dengan banyak organisasi teroris di Pakistan, seperti jaringan Haqqani yang berafiliasi dengan Taliban.