Selasa, 02 Januari 2018 00:12 WITA

Legislator Soroti 17 Proyek Tak Rampung di Sulsel

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Legislator Soroti 17 Proyek Tak Rampung di Sulsel
Stadion Barombong.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 17 proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulsel tidak rampung di tahun 2017. Salah satunya adalah mega proyek pembangunan Stadion Barombong. Hal tersebut mendapat tanggapan dari Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Provinsi Sulsel, Fachruddin Rangga. 

Dirinya menyayangkan dan menyesalkan lambannya Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dalam mengerjakan kegiatan proyek yang tidak rampung di tahun anggaran 2017 tersebut.

“Itu sama saja kegagalan perencanaan dan penganggaran. Seharusnya pihak eksekutif dalam hal ini OPD punya kemampuan dalam melaksanakan setiap perencanaan yang tertuang di dalam APBD 2017,” tuturnya saat dikonfirmasi, Senin (1/1/2018).

Lebih lanjut menurut Fachruddin, dalam setiap pembahasan dan evaluasi DPRD Sulsel sudah memberi warning atau peringatan untuk menyelesaikan setiap kegiatan atau proyek sebelum berakhir tahun anggaran berjalan.

“Jika tidak terselesaikan di tahun anggaran berjalan sama saja itu buah kegagalan. Sebab ukuran keberhasilan kinerja OPD dalam membuat perencanaan kegiatan dan anggaran terlihat dari sejauh mana mampu menyelesaikannya di akhir tahun anggaran dengan kualitas yang baik," urainya.

Menurut Plt Ketua Partai Golkar Kabupaten Takalar tersebut, semua stakeholder bahkan masyarakat umum pun bisa menilai dan mengawasi bersama sama pelaksanaan pembangunan tahun 2017 tersebut.

“Prinsip kami semakin banyak yang memberi informasi tentang itu tentu akan semakin banyak referensi yang kita akan gunakan di dalam melakukan evaluasi dan pengawasan pelaksanaan APBD khususnya tahun anggaran 2017. Terlebih lagi, di tahun 2018 ini adalah penghujung penjabaran RPJMD pemerintahan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan, sehingga dengan banyaknya referensi kita punya tambahan alat ukur kinerja yang jelas terhadap pelaksanaan RPJMD,” tegasnya.

Sekedar diketahui, sejumlah proyek yang dipastikan tak akan rampung pengerjaannya di tahun 2017 kemarin, antara lain pembangunan Proyek Middle Ring Road (MRR), proyek Bypass Mamminasata, serta proyek Mesjid 1000 Kubah yang dibangun di Centre Point Of Indonesia (CPI) Makassar.

Proyek lainnya yang tak rampung di tahun 2017 antara lain UPTD Transfusi Darah Provinsi Sulsel dengan kegiatan pembangunan gedung transfusi darah, RSUD Haji dengan kegiatan pembangunan atau rehab gedung pelayanan terpadu farmasi, Laboratorium dan gedung radiologi RS Haji, serta lanjutan pembangunan gedung poliklinik lantai dua dan pembangunan gedung rekam medik RSUD Haji yang ditarget hingga 31 Desember 2017 kemarin.