Sabtu, 30 Desember 2017 17:34 WITA

Husler Minta Kades Manfaatkan Bursa Inovasi Desa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Husler Minta Kades Manfaatkan Bursa Inovasi Desa

RAKYATKU.COM - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur melaksanakan Bursa Inovasi Desa yang dipusatkan di Gedung Olahraga Malili, Sabtu (30/12/2017).

Kegiatan yang mengusung tema "Praktek cerdas masyarakat desa menuju Luwu Timur terkemuka" resmi dibuka Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler didampingi Anggota DPRD, Sarkawi A Hamid dan Sekda, Bahri Suli yang ditandai pemukulan gong sebanyak tiga kali.

Dalam sambutannya, Thorig Husler mengajak seluruh kepala desa memanfaatkan bursa inovasi desa ini untuk bertukar informasi dan memanfaatkan beragam inovasi yang ditawarkan untuk diterapkan di masing-masing desa.

Husler Minta Kades Manfaatkan Bursa Inovasi Desa

Menurut Husler, lahirnya Undang-undang Desa No 6 Tahun 2014 telah merubah paradigma pembangunan nasional yang saat ini berorientasi pada pembangunan desa. Itu artinya, kepala desa harus bisa merespon regulasi tersebut dengan memanfaatkan seluruh potensi desa agar pembangunan desa bisa dirasakan seluruh masyarakat.

"Pembangunan desa belum dirasakan maksimal oleh masyarakat, masih fokus pada infrastruktur, makanya dengan program inovasi desa ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas desa," kata Husler dalam rilis yang diterima Rakyatku.com.

Husler Minta Kades Manfaatkan Bursa Inovasi Desa

Sementara itu, Plt. Kepala DPMD Luwu Timur, Halsen yang juga Ketua Tim Inovasi Kabupaten mengatakan, kegiatan bursa inovasi desa ini merupakan program dari Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes).

Program ini kata Halsen, bertujuan untuk memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif. "Ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa untuk mengembangkan desa menjadi lebih berkualitas dalam memanfaatkan dana desa," ungkapnya.