Kamis, 28 Desember 2017 18:19 WITA

SYL: Lovely Desember Lestarikan Budaya Toraja

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
SYL: Lovely Desember Lestarikan Budaya Toraja

RAKYATKU.COM, TORAJA UTARA - Karnaval Budaya dan Kontes Kerbau menjadi salah satu icon event Lovely Desember. Acara yang digelar di Lapangan Bakti, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Kamis (28/12/2017) ini, dihadiri langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Festival kontes adu kerbau diikuti dari berbagai wilayah di Toraja. Kerbau sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat setempat. Diharapkan, kerbau ini bukan hanya pemanis, namun menjadi penguat momentum Lovely Desember. 

Menurut SYL, hadirnya Lovely Desember adalah bagian bentuk rasa syukur pada Tuhan terhadap alam yang diberikan, sehingga kegiatan ini merupakan momen akumulasi perjalanan wisata selama setahun. 

"Akumulasi perjalanan pariwisata selama setahun dimana potensi wisata terkait religi dan Tahun Baru. Ini juga untuk melestarikan budaya Toraja," ujar SYL.

Selain itu, SYL menyebutkan, destinasi yang ada di Toraja begitu eksotik dan berkarakter. Untuk mendukung hal tersebut, diharapkan Bandara Buntu Kuni segera rampung.

"Kita berharap tahun 2018 akhir, run way bandara tersebut yang dapat dilalui pesawat bisa hadir," harapnya.

SYL: Lovely Desember Lestarikan Budaya Toraja

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengungkapkan, Lovely Desember mampu mendatangkan wisatawan yang besar di tahun 2017. Tercatat ada 61 ribu wisatawan asing dan 93 ribu orang wisatawan lokal.

"Ini karena banyaknya variasi kegiatan yang dihadirkan, ini juga sebagai promosi wisata Toraja. Selain itu terdapat 387 objek wisata dikembangkan," ungkap Kalatiku.