Selasa, 26 Desember 2017 10:03 WITA

Nikmati Keindahan Pulau Sembilan dari Puskesmas Wisata Sinjai

Penulis: Rahmatullah
Editor: Almaliki
Nikmati Keindahan Pulau Sembilan dari Puskesmas Wisata Sinjai

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Berbicara tentang Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, tak lengkap rasanya membahas tentang eksotis wisatanya. Iya, Sinjai punya banyak objek wisata dan didominasi wisata pegunungan. Terhitung belasan objek wisata air terjun di daerah ini, semisal air terjun Lembang Saukang dan air terjun Tobarania Sinjai Barat.

Terlepas dari itu, Sinjai tak luput dari keindahan lautnya, dan yang terpenting Kabupaten Sinjai memiliki beberapa pulau, salah satunya Pulau Sembilan, yang juga merupakan satu kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Sembilan.

Pada libur akhir tahun ini, penulis Rakyatku.com berkesempatan mengunjungi salah satu pulau dari ke-9 pulau tersebut, yaitu di Desa Pulau Harapan, yang juga menjadi pusat pemerintahan kecamatan di Kecamatan Pulau Sembilan.

Air lautnya yang jernih menjadi daya tarik bagi pengunjung. Ditambah lagi keindahan gugusan pulau berjumlah 9, menambah keindahan daerah ini.

Untuk mengunjunginya, harus menggunakan speed boat dari pelabuhan Cappa Ujung. Dengan biaya Rp25 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati perjalanan menyusuri air laut. Mana kala cuaca bersahabat, sangat memungkinkan untuk mengabadikan gambar di atas speed boat.

Nikmati Keindahan Pulau Sembilan dari Puskesmas Wisata Sinjai

Yang menjadi andalan saat ini di Desa Pulau Harapan, karena adanya Puskesmas Wisata. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang disulap menjadi lokasi cantik untuk berfoto ria, karena adanya beranda berlantai dua tepat menghadap laut.

Pengunjung setiap sore hari memadati lokasi ini, untuk mengabadikan momennya berfoto berlatar belakang gugusan Pulau Sembilan yang berbaris.

Risnawati, salah seorang bidan di puskesmas ini menuturkan, pengunjung selain datang untuk berobat, mereka juga berkesempatan menghibur diri di tempat ini.

"Setiap sore, banyak remaja-remaja berkunjung, seperti anak sekolah dari daerah ini banyak datang, atau pengunjung dari luar daerah, seperti Bulukumba," ungkapnya saat ditemui Rakyatku.com, Senin (25/12/2017).

Benar saja, pada libur akhir tahun ini, beberapa warga datang dari Kabupaten Bulukumba.

"Saya pertama kali ke sini Kak, saya hanya pernah melihat lewat Instagram temanku, lalu saya penasaran. Karena ada acara keluarga, sekalianmi ikut melihat langsung. Ternyata Indah sekali kak dari atas sini, pulau-pulau cantik dan air laut yang memanjakan penglihatan," ujar Syerina, warga asal Bulukumba.

Nikmati Keindahan Pulau Sembilan dari Puskesmas Wisata Sinjai

Menurutnya, warga harus menjaga lokasi tersebut agar bisa digunakan selama mungkin, dan utamanya menjaga kebersihan lokasinya, agar tidak merusak pemandangan. Perlu diketahui, Puskesmas Wisata di Sinjai adalah yang pertama di Sulsel.

Puskesmas ini dibangun pemkab melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,8 miliar.