Senin, 25 Desember 2017 01:30 WITA

Bayi Kembar di Gaza Diberi Nama Yunis, Ibu Kota dan Palestina

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bayi Kembar di Gaza Diberi Nama Yunis, Ibu Kota dan Palestina

RAKYATKU.COM - Seorang ayah di desa selatan Khan Yunis, Gaza, Palestina, memberikan nama kepada tiga bayi kembarnya. Ketiganya yang lahir saat memanasnya polemik Israel-Palestina itu, diberi nama Quds, Asima, dan Filisteen. 

Tiga nama itu memiliki arti tersendiri dalam bahasa Arab. Quds berarti Yerusalem, Asima adalah ibu kota, dan Filisteen memiliki arti Palestina. Pemberian nama ini, diketahui untuk memprotes keputusan Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Ketiga bayi kembar itu memiliki jenis kelamin yang berbeda. Bayi Quds dan Filisteen adalah seorang laki-laki, sedangkan bayi Asima adalah perempuan. Mereka semua lahir dalam kondisi yang sehat.

Pria bernama Nidal Al-Siqli (30) mengatakan, pemilihan nama tersebut untuk menekankan karakter Yerusalem, Palestina, dan Arab muslim. "Yerusalem selamanya akan menjadi ibu kota abadi Palestina," ujar Al-Siqli, dilansir Middle East Monitor, Senin (25/12/2017).

Al Siqli dan istrinya berharap bisa memiliki anak perempuan lagi untuk menamainya Abadiyya, atau berarti abadi dalam bahasa Arab. Taka hanya itu, keduanya juga berharap status Yerusalem sebagai ibu kota Palestina segera dicabu.

"Saya berharap upaya rakyat Palestina dan Arab untuk meminta AS mencabut keputusannya berhasil," jelasnya.