Sabtu, 23 Desember 2017 09:49 WITA

Tahun 2018, Disdukcapil Pangkep Punya Aplikasi SMS Gateway

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Fathul Khair Akmal
Tahun 2018, Disdukcapil Pangkep Punya Aplikasi SMS Gateway
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep, Mustari

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep, Mustari mengakui, tidak sedikit warga Pangkep yang pulang balik kantor Disdukcapil, tanpa mengetahui pencetakan KTP telah rampung atau belum.

Sekaitan dengan hal tersebut, tahun 2018 mendatang, Disdukcapil Pangkep akan dilengkapi dengan aplikasi gateway. Tujuannya lewat aplikasi itu, warga bisa mengetahui KTP-nya telah dicetak.

"Agar tidak pulang balik ke kantor, aplikasi itu akan menginformasikan apakah sudah selesai atau belum. Melalui aplikasi ini akan langsung diketahui," kata Mustari.

Diakui Mustari, selama ini salah satu kendala sehingga proses pencetakan lambat adalah jaringan. Jaringan dimaksud adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari pusat terkait data warga yang telah dilakukan perekaman.

Loading...

Mengingat, setiap data yang masuk akan dikirimkan ke pusat untuk dilakukan pembersihan terlebih dahulu, sebelum akhirnya dilakukan pencetakan.

"Ini yang lama biasanya, karena untuk melakukan pencetakan harus ada feet back dari pusat terkait data warga yang telah kita rekam. Karena harus dulu dibersihkan datanya di pusat," ujar Mustari.

Walaupun begitu, warga diminta tidak terlalu panik dengan belum adanya KTP, khususnya warga yang telah menerima surat keterangan atau suket. Mengingat fungsi suket tersebut sama dengan KTP itu sendiri.

Loading...
Loading...