Sabtu, 04 Juni 2016 17:44 WITA

JK dan Istri Juga Ziarah ke Makam Guru Ngaji

Penulis: Ibnu Kasir Amahoru
Editor: Sulaiman Abdul Karim
JK dan Istri Juga Ziarah ke Makam Guru Ngaji
JK dan istri ziarah makam di Kompleks Pemakaman Arab di Jalan Bunga Ejayya, Makassar, Sabtu (4/6/2016) Rakyatku.com

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Selain menziarahi makam orang tua dan keluarga, Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Jusuf Kalla juga berziarah ke makam guru mengajinya di masa kecil, Sabtu (4/6/2016). Muhammad Ramli nama guru mengaji JK itu. Makamnya tak jauh dari pusara makam orang tuanya di Kompleks Pemakaman Arab Jalan Bunga Ejaya, Kecamatan Bontoala, Makassar. 

Usai mengirim doa dan tabur bunga di makam guru mengajinya, Jusuf Kalla bersama keluarga menyempatkan diri mendatangi makam neneknya, Hj Kerrah binti Petta Sesse. Juga masih berada dalam kompleks pemakaman yang sama. 

Pengelola makam, Hasanuddin (58) mengemukakan, setiap tahunnya JK bersama keluarga selalu melakukan ziarah di tempat ini. Terutama saat jelang Ramadan. "Memang sudah tiap tahun. Untuk kunjungan kali ini tidak beda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya," Hasanuddin saat ditemui beberapa awak media.

Ia menjelaskan, dalam kompleks Pemakaman Arab ini, terdapat lima makam keluarga JK. Termasuk kedua orangtua Wakil Presiden RI itu. 

Loading...

Sementara itu, menurut Hasanuddin, cikal bakal kompleks pemakaman ini dinamai Pemakaman Arab, karena saat itu dikelola warga asal Pakistan dan India.

"Awalnya pemakaman ini orang India yang punya. Namun karena tidak punya yayasan, makanya diserahkan ke orang Arab untuk dikelola," pungkasnya.

Loading...
Loading...