Sabtu, 16 Desember 2017 05:30 WITA

PKS Imbau Fahri Hamzah Jangan Terlalu Gembira

Editor: Almaliki
PKS Imbau Fahri Hamzah Jangan Terlalu Gembira

RAKYATKU.COM - Fahri Hamzah diimbau untuk tidak bergembira akan hasil putusan Pengadilan Tinggi Jakarta. Alasannya, PKS akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) dalam waktu dekat.

"Jadi Fahri tidak usah bergembira dulu, karena bisa jadi di kasasi PKS yang menang," ujar Ketua Departemen Hukum Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Zainuddin Paru, yang juga menunggu pengembalian berkas dari Pengadilan Tinggi Jakarta, belum lama ini dilansir Liputan6.

Fahri disebut tidak perlu menunggu banding dan kasasi. Sebab masalah gugatan perkara dari Fahri, melawan hukum jika didasari dari Undang-Undang Partai Politik Nomor 2 Tahun 2011, tentang fraksi di DPR merupakan perpanjangan tangan partai.

"Jadi ketika dia meninggal dunia, mengundurkan diri, atau ada kebijakan lain dari partai, itu sudah kewenangan partai," ujar Zainuddin.

PKS sendiri mengetahui putusan Pengadilan Tinggi Jakarta pada 8 November 2017. Sedangkan isi putusan diketahui pada 7 Desember 2017. Sementara Pengadilan Tinggi memutuskan perkara Fahri 20 Oktober 2017.

"Salinan putusannya oleh Pengadilan Tinggi kemudian dikirim ke kepaniteraan PN Jaksel pada 15 November. Isinya menguatkan putusan PN Jaksel dengan segala kontroversinya," jelas Zainuddin.

Fahri memang sudah dipecat oleh Majelis Tahkim PKS pada 11 Maret 2016. Namun, ia mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pada 14 Desember 2016, Pengadilan memenangkan gugatan Fahri Hamzah. Hasilnya, ia tetap berstatus sebagai politikus PKS dan Wakil Ketua DPR.