Sabtu, 16 Desember 2017 05:00 WITA

Partai Tak Lolos Pemilu Bisa Bergabung dengan PPP Sulsel

Editor: Almaliki
Partai Tak Lolos Pemilu Bisa Bergabung dengan PPP Sulsel
Rizal Syarifuddin (tengah)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel, mengundang partai politik yang tidak lolos sebagai kontestan Pemilu 2019 untuk bergabung bersama PPP.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bappilu DPW PPP Sulsel, Rizal Syarifuddin, ketika ditemui di Kantor DPW PPP Sulsel Jalan Sungai Saddang Makassar, Jumat (15/12/2017) sore.

"Hari ini (Jumat, 15/12/2017), KPU telah memutuskan 12 parpol untuk mengikuti Pemilu 2019. Salah satu parpol yang lolos adalah PPP," ungkapnya.

Dengan lolosnya PPP, menurut Rizal, pihaknya membuka pintu bagi parpol yang dinyatakan tidak lolos verifikasi sebagai kontestan Pemilu 2019 untuk bergabung ke PPP.

"Kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada saudara-saudara kami untuk bergabung bersama kami. Kita undang untuk sama-sama dalam satu wadah berpikir dan berbuat untuk membangun bangsa ini," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyampaikan dan mengumumkan hasil penelitian administrasi perbaikan atas dokumen dari 14 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019.

Hasilnya, dari 14 parpol, hanya 12 parpol yang dapat melanjutkan ke tahap verifikasi faktual, sedangkan 2 parpol sisanya tidak dapat melanjutkan.

12 parpol yang dapat melanjutkan ke verifikasi faktual adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Partai Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sedangkan, 2 parpol yang tidak dapat melanjutkan ke tahap verifikasi faktual adalah Partai Berkarya (Berkarya) dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda). Sebelumnya, ada tiga parpol yang juga dinyatakan tidak lolos verifikasi, masing-masing PBB, PKPI, dan Partai Idaman.