Rabu, 13 Desember 2017 16:20 WITA

Irman YL Nilai Swasta Penolong Rakyat Miskin

Editor: Andi Chaerul Fadli
Irman YL Nilai Swasta Penolong Rakyat Miskin
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo menilai kehadiran sekolah swasta cukup menolong masyarakat tidak mampu dalam melanjutkan pendidikan. Hal itu diungkapkan saat pemberian penghargaan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dari Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) di Gedung Guru Disdik Sulsel, Rabu (13/12/2017).

"Kehadiran sekolah swasta saat ini sangat dibutuhkan. Karena kontribusinya sangat berperan baik. Salah satu peran sekolah swasta yaitu berpihak pada masyarakat miskin utamanya di daerah perkotaan," ujar Irman.

Pria yang akrab disapa None ini menambahkan, peran sekolah swasta bisa terlihat dari jumlah anak-anak tidak mampu yang ditampung. Mereka dapat menerima anak-anak tidak mampu tersebut untuk melanjutkan pendidikan di sekolah swasta. 

"Saat ini jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan di sekolah swasta mencapai 37 ribu. Untuk lebih memperbaiki kualitas sekolah swasta kedepan, sekolah swasta tidak akan lepas dari pembinaan," jelas dia.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sekolah swasta memiliki peran yang sangat strategis bahkan punya beban yang lebih banyak dari sekolah negeri. 

"Karena penduduk kita terus bersambah dan tidak akan cukup menampung jika hanya sekolah negeri. Untuk itu swasta harus di dorong untuk mengambil peranan dari sekolah negeri.