Selasa, 12 Desember 2017 15:20 WITA

Sampah Plastik Membunuh Lebih dari 1.000 Penyu Per Tahun

Editor: Suriawati
Sampah Plastik Membunuh Lebih dari 1.000 Penyu Per Tahun
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah tinjauan penelitian terhadap laporan tentang penyu yang terdampar, menemukan bahwa sampah plastik berkontribusi atas kematian binatang tersebut.

Laporan yang dipublikasikan di Endangered Species Research itu menyimpulkan bahwa, berdasarkan tinjauan mereka, lebih dari 1.000 penyu kemungkinan akan meninggal setiap tahun karena terjerat sampah plastik.

Menurut peneliti, penyu yang terdampar umumnya terjerat oleh sampah plastik, termasuk jaring ikan yang hilang, benang plastik dan pancing nilon, serta tali pengikat plastik, dan senar. Banyak juga yang ditemukan terperangkap di kursi plastik bekas, peti kayu dan bahkan balon cuaca.

Akibatnya, Mereka menderita luka serius akibat cobaan berat, yang menyebabkan luka bakar, bahkan kehilangan anggota badan.

Sampah Plastik Membunuh Lebih dari 1.000 Penyu Per TahunSurvey tersebut dilakukan pada penelitian di Atlantik, Pasifik Karibia, Laut Mediterania dan Samudra Hindia.

"Sampah plastik di lautan, termasuk peralatan tangkap yang hilang atau dibuang yang tidak dapat terurai secara hayati, merupakan ancaman utama bagi penyu laut," kata penulis utama Brendan Godley, profesor ilmu konservasi di University of Exeter

"Kami menemukan bahwa lebih dari 1.000 penyu mati setahun setelah terjerat."

Selain sampah plastik, tinjauan ini juga menemukan 23 laporan tentang kura-kura yang terjerat dalam publikasi, majalah, surat kabar, dan artikel lainnya yang ditinjau oleh peer-review.