Selasa, 12 Desember 2017 07:39 WITA

Gempa Bumi 3,8 SR Guncang Sinjai

Penulis: Rahmatullah - Alifiah Ainul
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Gempa Bumi 3,8 SR Guncang Sinjai
BMKG Wilayah IV Makassar/Dok.

RAKYATKU.COM, SINJAI - Gempa Bumi dengan kekuatan 3,8 SR mengguncang Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, pada Selasa (12/12/2017) dini hari, sekira pukul pukul 01.04 WIT.

Menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, gempa berada pada 12 KM sebelah tenggara Sinjai dan gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini berskala II Modified Mercally Intensity (MMI), yang artinya hanya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae," kata Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, A. Fachri Radjab.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempa dihimbau tetap tenang, mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

"Kami imbau masyarakat tetap tenang karena kejadian ini tidak akan berdampang buruk," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pegawai Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Syuaib?? mengaku kaget dengan gempat tersebut. "Sedang asyik ngopi di warkop tiba-tiba ada getaran seperti gempa, terpaksa pulang cepat lihat anak di rumah. Alhamdulilah mereka sudah tertidur jadi tidak merasakan gempanya," ungkap Irwan.