Senin, 11 Desember 2017 16:32 WITA

KPU Bantaeng Distribusi Berkas Calon Perseorangan ke PPS

Editor: Fathul Khair Akmal
KPU Bantaeng Distribusi Berkas Calon Perseorangan ke PPS

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng, mendistribusikan dukungan pasangan calon perseorangan untuk Pilgub dan Pilkada Bantaeng ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Berkas dukungan itu diserahkan langsung Ketua KPU Bantaeng, Nurbaeti di Aula Husni Kamil, KPU Bantaeng, Senin (11/12/2017).

"Tadi sudah diserahkan (berkas dukungan paslon perseorangan) ke PPS melalui PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Bantaeng, Andi Harianto.

Pasangan calon perseorangan untuk Pilkada Bantaeng yakni Andi Baso Fahrir-Alam Sahruddin Hanafi dan Muh Alwi-Nurdin Halim. Di Pilgub, yakni Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

"Jumlah (dukungan) nya masih tetap sama. Kalaupun ada TMS (Tidak Memenuhi Syarat) itu ditandai, tapi tetap sama jumlahnya. Kita serahkan semuanya (ke PPS) untuk di verifikasi faktual," ungkapnya.

KPU Bantaeng Distribusi Berkas Calon Perseorangan ke PPSHarianto menuturkan, bahwa verifikasi faktual akan berlangsung pada 12 Desember 2017 hingga 25 Desember 2017.

Dari hasil verifikasi administrasi dan faktual, akan diketahui apakah pasangan calon tersebut memenuhi syarat atau tidak.

"Minimal dukungan untuk Pilkada Bantaeng 13.460. Contohnya jika salah satu paslon dengan dukungan 13.460, setelah diverifikasi jumlahnya 13.000. Jadi 460 itu akan dikalikan dua, kemudian diserahkan (ke paslon) untuk dilakukan perbaikan," jelasnya.

Lanjut Harianto, akan ada waktu diberikan untuk dilakukan perbaikan. "Cuma waktunya singkat. 3 hari waktu penyerahan dan verifikasi 7 hari. Dan jika diperbaikan memenuhi syarat, ya lolos. Kalau tidak (memenuhi syarat), tidak terdaftar," tandasnya.