Senin, 11 Desember 2017 15:44 WITA

Qatar Beli 25 Pesawat Tempur Typhoon Inggris Seharga Rp90,8 Triliun

Editor: Suriawati
Qatar Beli 25 Pesawat Tempur Typhoon Inggris Seharga Rp90,8 Triliun
pesawat tempur Typhoon

RAKYATKU.COM - Pemerintah Qatar pada hari Minggu (11/12/2017) menandatangani kesepakatan multi-miliar dolar dengan Inggris untuk membeli 24 pesawat tempur Typhoon.

Kesepakatan senilai £5 miliar (Rp90,8 triliun) itu ditandatangani di Doha oleh Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohammed al-Attiyah dan rekannya dari Inggris Gavin Williamson.

Williamson mengatakan bahwa ini adalah pesanan terbesar untuk Typhoon dalam satu dekade. Kesepakatan itu juga mencakup niat Qatar untuk membeli peralatan militer lain dari Inggris, yakni pembelian pesawat Hawk.

Qatar adalah negara kesembilan yang menandatangani kesepakatan untuk pembelian jet Typhon.

Qatar Beli 25 Pesawat Tempur Typhoon Inggris Seharga Rp90,8 TriliunMenteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohammed al-Attiyah (kanan), Gavin Williamson (kiri).

Loading...

Sebuah pernyataan dari angkatan bersenjata Qatar mengatakan kedua menteri tersebut juga menandatangani sebuah 'kesepakatan untuk membangun Skuadron Operasional Bersama' antara angkatan udara kedua negara untuk memberikan keamanan selama Piala Dunia 2022, dimana negara Teluk tersebut akan menjadi tuan rumah.

Kesepakatan ini ditandatangani ketika ketegangan di Teluk sedang meningkat, menyusul blokade 6 bulan oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir.

Sebelumnya, Qatar juga melakukan kesepakatan dengan AS dan Italia serta Perancis.

Tags
Loading...
Loading...