Senin, 11 Desember 2017 09:48 WITA

Lovely Desember 2017 Resmi Dibuka

Editor: Almaliki
Lovely Desember 2017 Resmi Dibuka

RAKYATKU. COM, MAKASSAR - Lovely Desember kembali digelar. Pembukaan kegiatan tahunan ini dilaksakan pada Senin (11/12/2017) di Lapangan Bakti Rantepao. 

Pembukaan ini dihadiri oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, Wakil Bupati, Yosia Rinto Kadang, Kodim 1414 Tana Toraja, Kejaksaan Tinggi Negeri Tana Toraja, Ketua DPRD dengan anggota DPRD Torut, Forum Komunikasi, OPD Torut, tokoh masyarakat dan para undangan.

Pembukaan Lovely Desember diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh segenap yang hadir, dan dilanjutkan dengan pementasan Opera Rakyat Nasional, dan Opera Arrang di Batu dan Korombi 

Sekda Torut, Rede Roni, selaku Ketua Pelaksana Acara, dalam laporannya mengatakan acara ini bakal berlangsung mulai 9-30 Desember 2017.

Lovely Desember 2017 Resmi Dibuka

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang oleh Kalatiku Paembonan dalam acara  Matumbaraka yaitu pemukulan gendang sebagai seruan kepada Ilahi, untuk menghindarkan dari bala dan menuju kepada kehidupan yang lebih baik.

Rede Rony mengatakan, gelaran ini bertujuan untuk mempromosikan Toraja Utara dalam prospektif seni budaya ekowisata, wisata alam, wisata olahraga, dan industri kreatif.

Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian rakyat untuk memperkokoh mata rantai kegiatan ekonomi pariwisata, sebagai upaya mengembangkan kesempatan berusaha, kesempatan kerja, dan peningkatan pendapatan masyarakat.

"Menetapkan pariwisata Toraja Utara sebagai destinasi unggulan yang diminati wisatawan  baik domestik maupun mancanegara. Mendorong rasa kecintaan masyarakat Toraja perantau, untuk memiliki kerinduan pulang ke Toraja. Dan mengokohkan semangat pemeliharaan dan pelestarian nilai budaya dan kearifan lokal Toraja," jelasnya.